Jelang Pemilu 2019, Forum Pegiat Media Sosial Independen Deklarasi Lawan Hoax

518
Pegiat Media Sosial

Jakarta, Muslim Obsession – Perkembangan media sosial tidak hanya memberikan manfaat positif, tapi juga berdampak negatif. Salah satunya, yang terjadi saat ini, banyak akun di medsos yang digunakan untuk menyebarkan berita kebohongan atau hoax terlebih lagi di tahun politik ini.

Untuk menangkal hal itu Forum Pegiat Media Sosial Independen (FPMSI) bersama berbagai pegiat media sosial dari kalangan netizen, blogger, youtuber dan content creator serta seniman digital lainnya mendeklarasikan Pemilu 2019 Damai dan Anti Hoax, Kamis (28/2/2019)

Acara Deklarasi dilaksanakan bersama dengan Diskusi para pegiat media sosial dengan tema “Peran Pegiat Media Sosial dalam Melawan Hoax dan Politisasi SARA Untuk Pemilu 2019 yang Damai, Berkualitas, dan Bermartabat” yang berlangsung di Balroom Hotel Mega Menteng, Cikini, Jakarta Pusat. Acara tersebut juga sebagai tanda lahirnya sebuah forum pegiat media sosial independen.

“Tujuan acara diskusi ini untuk mengedukasi masyarakat agar tidak mudah percaya dengan berita-berita hoax yang ada di media sosial dan memotivasi warganet untuk menyebarkan konten-konten positif yang membangkitkan optimisme bangsa guna sukseskan keberlangsungan pembangunan nasional,” ujar Hafyz Marshal selaku ketua pelaksana.

“Karena sering kali berita hoax ini menimbulkan perpecahan antarbangsa. Masyarakat lebih mudah terprovokasi dengan berita bohong, nah kita tidak ingin itu terjadi,” sambungnya.

Selain deklarasi dan diskusi, juga dilaksanakan pengumuman lomba konten narasi positif di media sosial, lomba ini dibuka sejak 8 Februari 2019 dan ditutup pada 25 Februari 2019. Sudah ada 400 lebih pegiat media sosial dari Sabang sampai Merauke yang mengirimkan hasil karyanya.

“Masyarakat bisa melihat hasil karya anak bangsa untuk vlog dan desain grafis di Instagram dengan cara mengetik tagar (#2019antihoax) atau #lawanhoaxdemipemilu2019berkualitas dan untuk tulisan dapat dibuka di website blog,” imbuhnya.

Acara Diskusi dan Deklarasi serta pembagian hadiah pemenang lomba dihadiri para pemenang lomba serta kalangan jurnalis media lokal maupun nasional serta para pegiat media sosial seperti blogger, youtuber dan seniman seniman digital lainnya sebagai wujud kepedulian dan keikutsertaan mensukseskan pemilu yang damai berkualitas dan bermartabat .

Salah satu tokoh media sosial yang hadir sebagai narasumber dan motivator yaitu Ulin Yusron mengatakan pegiat media sosial yang cerdas tidak boleh kalah dengan hoax, bangsa ini harus optimis dan terus melanjutkan pembangunan yang mulai dirasakan hasilnya untuk itu agar para pegiat medsos terus menyebarkan konten konten positif yang menumbuhkan optimisme bangsa.

“Pemilu 2019 harus sukses pembangunan harus berlanjut mari kita lawan hoax dengan semangat kebangsaan dan percaya diri bahwa yang benar pasti menang,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here