Jawab Amien Rais, Muhammadiyah Tegaskan Sikap Netral

399
Amien-Rais (Foto: Lampung.co)

Jakarta, Muslim Obsession – Amien Rais mendesak Muhammadiyah bersikap di Pilpres 2019. Secara khusus, Amien bahkan ‘mengancam’ akan ‘menjewer’ Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir bila kader dipersilakan menentukan pilihannya sendiri.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti menegaskan bahwa organisasinya tidak akan pernah bisa ditekan oleh pihak manapun, terutama terkait sikap politik untuk pilpres tahun depan.

“Tidak ada tekanan dari pihak manapun terhadap Muhammadiyah. Selain itu, Muhammadiyah juga tidak akan bisa ditekan-tekan oleh siapapun, dari manapun, dengan cara apapun,” tegasnya, Rabu (21/11/2018).

Mu’ti menyatakan Muhammadiyah sudah menegaskan dan menegakkan sikap netral dalam politik terkait Pilpres dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

“Muhammadiyah sudah menegakkan sikap netral di pilpres dan pileg,” katanya.

Secara terpisah, Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas menilai, pernyataan Amien Rais adalah hal yang biasa saja, karena hal itu bagian dari demokrasi.

“Ini kan negara demokrasi. Sah-sah saja,” ucapnya.

Apa yang disampaikan Amien Rais, kata dia, tidak masalah meskipun konteksnya adalah ingin menjewer telinga Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

“Ini biasa saja. Kan, Pak Amien itu orang tua. Kalau orang yang sudah tua biasa saja bicara seperti itu. Saya jewer itu, biasa saja. Enggak ada masalah, coba tanya Pak Haedar pasti enggak masalah itu,” tukasnya.

Menurut Anwar, secara organisasi jelas Muhammadiyah harus bersikap netral. Namun, secara pribadi keanggotaan tidak boleh tidak bersikap.

“Sementara Pak Amien bicara dalam ranah pribadi dari anggota Muhammadiyah,” tuturnya.

Karena itu, kata dia, tidak ada yang salah dalam ucapan Amien Rais. Karena memang itu omongan sesepuh, “memang Beliau adalah sesepuh kami. Jadi, kalau Beliau berkata demikian, maka umumnya warga Muhammadiyah tidak akan ada yang merasa tersinggung, termasuk saya yakin Pak Haedar sendiri,” jelasnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here