Jarang yang Tahu, Ternyata Cara Kita Bernapas Pengaruhi Daya Ingat

856
Bernapas (Ilustrasi)

Muslim Obsession – Ahli kesehatan biasanya menyarankan kita untuk rutin berolahraga agar daya ingat kita tetap baik hingga usia lanjut.

Tapi belum lama ini, ada penelitian yang menyebutkan bahwa cara bernapas juga bisa mempengaruhi daya ingat. Benarkah demikian? Simak penjelasannya, ya!

Menurut tim peneliti yang berbasis di Swedia, bernapas melalui hidung dapat membantu penyimpanan dan konsolidasi memori. Temuan ini dipublikasikan dalam The Journal of Neuroscience. Baru-baru ini, ahli saraf telah meneliti kaitan antara indra penciuman dan memori atau daya ingat.

Pada umumnya setiap orang bernapas melalui hidung ketimbang mulut. Bernapas melalui mulut biasanya dilakukan hanya ketika keadaan terengah-engah atau karena sebab lain. Tapi sekarang, terbukti bahwa bernapas melalui hidung ternyata lebih bermanfaat bagi kesehatan otak Anda.

Melansir Klik Dokter, Beberapa peneliti menyatakan bahwa indra penciuman yang rusak dapat menjadi tanda seseorang terserang demensia. Untuk mengungkap misteri-misteri yang berhubungan dengan aroma dan ingatan, para ilmuwan telah menemukan beberapa petunjuk.

Benarkah bernapas melalui hidung dapat membantu ingatan? Baca di halaman selanjutnya >>>

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here