Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Syafahullah, Syafahallah, Syafakillah dan Syafakallah

371
Ilustrasi menjenguk orang sakit (Foto: sadarpsych.com)

Muslim Obsession – Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa menjenguk orang yang sedang sakit adalah amalan sepele. Namun, tahukah Anda bahwa sungguh besar keutamaan Muslim menjenguk orang sakit.

Hal tersebut dijelaskan dalam salah satu riwayat oleh Imam Muslim dalam Shahihnya bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

“Orang yang menjenguk orang sakit berada dalam taman buah di surga hingga dia pulang.”

Dalam Islam ada beberapa adab menjenguk orang yang sakit seperti diajarkan Rasulullah. Di antaranya berdoa kesembuhan.

Di media sosial, sering kita mendengar doa singkat dengan menggunakan bahasa Arab, yaitu: Syafahullah, Syafahallah, Syafakillah, dan Syafakallah.

Bagi kita yang belum paham perbedaan makna ucapan tersebut, berikut penjelasannya:

Syafahullah artinya:

“Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (lelaki).” Syafahullah adalah doa untuk kesembuhan orang sakit yang diucapkan oleh kepada seorang laki-laki saat sedang berjauhan. Maksudnya, orang yang mengucapkan tidak mengucapkannya secara langsung kepada orang yang sakit tersebut.

Syafahallah artinya:

“Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan).” Sama dengan Syafahullah, Syafahallah juga tidak diucapkan secara langsung kepada orang yang sedang sakit. Bedanya, Syafahallah diucapkan apabila orang yang sakit tersebut berjenis kelamin perempuan.

Syafakillah dan Syafakillah mungkin lebih familiar didengar oleh umat Muslim. Kedua kata ini memang kerap digunakan oleh masyarakat di media sosial.

Berbeda dengan Syafahullah dan Syafahallah yang diucapkan saat berjauhan, Syafakillah dan Syafakallah ini diucapkan langsung kepada orang yang sedang sakit

Syafakillah artinya:

“Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (perempuan).” Kata ini digunakan untuk mendoakan kesembuhan seorang perempuan, baik secara langsung (bertatap muka) maupun tidak langsung.

Misalnya, lewat media sosial, seseorang mengetahui teman perempuannya sedang sakit. Maka, ia bisa mengucapkan Syafakillah untuk mendoakan temannya tersebut.

Syafakallah artinya:

“Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (lelaki).” Kata tersebut digunakan untuk mendoakan kesembuhan seseorang berjenis kelamin laki-laki.

Itulah arti dan penggunaan kata Syafahullah, Syafahallah, Syafakillah, dan Syafakallah yang perlu diingat. Jadi, jangan sampai tertukar, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here