Jangan Takut, Vaksin di Bulan Ramadhan Tak Batalkan Puasa

81

Jakarta, Muslim Obsession – Tidak lama lagi umat Islam akan kedatangan bulan yang agung, bulan yang mulia, yakni bulan puasa. Bertepatan dengan itu, pemerintah juga tengah mencanangkan program vaksinasi corona ke semua masyarakat. Apakah membatalkan puasa?

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjamin pelaksanaan vaksinasi saat Ramadhan tidak membatalkan puasa.”Tidak apa-apa (vaksinasi saat puasa), karena itu bukan masuk dari lubang. Kalau dari hidung, lubang mulut (batal), nah ini kan enggak,” kata Ma’ruf saat meresmikan Sentra Kreasi Atensi milik Kementerian Sosial di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (19/2/2021).

Ma’ruf yang juga mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebutkan, pemerintah Indonesia masih mengintensifkan vaksinasi yang merupakan program nasional untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Selain mengejar jumlah penduduk, pemerintah juga mengejar kecepatan proses vaksinasi tersebut.“Apalagi kita mengejar 182 juta atau 70% jumlah penduduk Indonesia,” ungkapnya.

Mengenai dampak dari vaksinasi yang dilakukan sehari sebelumnya, Ma’ruf mengakui dirinya merasa mengantuk setelah injeksi dilakukan. “Saya dengar mengantuknya sampai 3 hari. Namun kemungkinan imunnya minimal setahun setelah divaksin,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah sudah memulai program vaksinasi nasional untuk vaksin Covid-19 pada 13 Januari 2021.

Program tersebut dimulai setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency used authorization (EAU) terhadap vaksin Sinovac asal China.

Vaksinasi Covid-19 menyasar sekitar 182 juta orang atau 70% dari total populasi untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here