Jangan Sedih! Ini 6 Amalan Wanita Haid Saat Ramadhan

288
Wanita bercadar sedang membaca Al-Qur'an
Wanita bercadar sedang membaca Al-Qur'an (Foto: Edwin Budiarso)

Muslim Obsession – Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Amalan baik yang dilakukan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya.

Namun bagi sejumlah wanita, mereka memiliki masa menstruasi atau haid yang menyebabkan wanita haid haram berpuasa.

Meski demikian ada banyak ibadah sunnah yang bisa tetap dilakukan di bulan suci walaupun kita sedang haid dan tidak berpuasa, di antaranya yaitu:

1. Meyediakan dan memberi ifthar (hidangan berbuka), kepada orang-orang yang shaum.

“Barang siapa yang memberi ifthar (hidangan untuk berbuka) orang-orang yang shaum/berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang shaum/berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun.” (H.R. Bukhari Muslim).

Dikutip dari akun Fiqih Wanita, di Instagram, dari Salman Al-Farisi r.a. Diceritakan bahwa Rasulullah Saw. berkhutbah menjelang Ramadhan,“Siapa saja yang memberi (hidangan buka shaum) kepada orang yang shaum/puasa dengan seteguk susu, sebiji kurma, atau seteguk air, dan siapa yang mengenyangkan orang shaum maka Allah akan memberi minum dari telaga dengan satu tegukan, yang menyebabkan tidak haus sampai masuk surga.

Inilah bulan, yang awalnya adalah Rahmah, Pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan nar (pembebasan dari api neraka). Perbanyaklah melakukan 4 hal dalam bulan Ramadhan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here