Jangan Salah Lagi! Ini Jawaban yang Tepat Ucapan ‘Jazakumullah Khair’

208

Muslim Obsession – Hendaknya kita selalu bersyukur atas nikmat yang kita dapatkan dari Allah. Begitu pun nikmat dan kebaikan yang kita terima dari sesama manusia.

Pertanyaannya, bagaimana cara bersyukur kepada manusia? Haruskah kita bersyukur kepada sesama hamba-Nya?

Dalam Hadits diterangkan:

“Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak bersyukur kepada Allah seorang yang tidak bersyukur kepada manusia.” HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, 1/702.

Cara bersyukur kepada kebaikan manusia di antaranya ialah membalas kebaikannya dengan kebaikan juga. Serta tidak lupa mendoakannya seraya mengucapkan terima kasih sesuai yang diajarkan Nabi dengan ucapan ‘Jazakumullah Khair’ yang artinya: Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.

Sebagaimana Hadits yang berbunyi:

“Usamah bin Zaid berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: “Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.” HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih Al jami’, no. 6368.

Lalu, bagaimana menjawab ucapan ‘Jazakumullah Khair’ yang benar?

Dalam ceramahnya, Ustadz Abdul Somad (UAS) menerangkan jawaban yang tepat dari ucapan tersebut.

“Kalau diucapkan ‘Jazakumullah Khair’ jawabannya ialah ‘Waiyyaakum’ yang artinya ‘You too’ atau bagimu juga,” jelas UAS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here