Jangan Menyerah, Mintalah Pertolongan Allah

150
Ilustrasi: Berdoa. (Foto: religionunplugged)

Oleh: Drs. H. Tb Syamsuri Halim, M.Ag (Pimpinan Majelis Dzikir Tb. Ibnu Halim dan Dosen Fakultas Muamalat STAI Azziyadah Klender)

Yang namanya kesulitan tentu akan ada saja kita jumpai dalam kehidupan. Sebab, dunia ini memang tempatnya ujian dan cobaan.

Namun, sesulit apapun ujian hidup, hadapilah. Jangan pernah menyerah. Mintalah bantuan hanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Jika kita melihat pengalaman orang-orang yang telah berhasil keluar dari kesulitan hidup, maka kita akan dapati bahwa mereka adalah orang-orang yang pantang menyerah. Mereka mau begerak melangkah menghadapi kesulitan. Tidak diam saja. Tidak menyerah.

Akhirnya, mereka pun berhasil keluar sebagai pemenang.

Coba kita baca kembali kisah perang Badar. Peperangan besar pertama antara kaum Muslimin dan kaum Musyrikin.

Baca juga: Tiga Hal yang Bisa Membuat Karakter Orang Berubah

Pada waktu itu, tentara Muslim jumlahnya hanya 300-an orang. Sementara orang-orang Musyrik jumlahnya tiga kali lipat. Namun, gentarkah pasukan Muslimin? Mundurkah mereka?

Tidak sama sekali!!

Mereka terus maju berperang. Pada waktu itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan khusyu dan penuh harap agar diberi kemenangan.

Akhirnya, kaum Muslimin pun menang!

Baca juga: Ada Tiga Jenis Manusia, Satu di Antaranya Harus Disingkirkan

Jadi, sesulit apapun hidup yang kita hadapi, jangan menyerah. Teruslah melangkah untuk mencari solusi. jika kita tidak bisa tangani sendiri, ajak orang lain untuk bekerja sama untuk mengatasi masalah.

Namun yang paling penting, mintalah selalu bantuan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Berdoalah kepada-Nya. Jangan pernah bosan dan jemu untuk bermunajat kepada-Nya.

Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إذا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللهَ، وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللهِ

“Jika engkau hendak meminta, mintalah kepada Allah. Dan jika engkau hendak memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah..,” (HR. At-Tirmidzi).

Baca juga: Mari Memperbaiki, Selagi Masih Ada Waktu

Dan, ingat! Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan,” (QS. Al-Insyirah: 5).

Jadi intinya adalah jika  dalam hidup ini kita mendapati kesulitan yang sifatnya mungkin sukar untuk diatasi, bahkan sampai membuat kita hampir putus asa, maka ada satu prinsip yang patut kita terapkan. Prinsip itu sangat sederhana, namun sangat ampuh.

Apa itu? Jangan pernah menyerah! Mintalah selalu pertolongan kepada Allah.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here