Jangan Malas Jalan Kaki, Ini 10 Manfaatnya!

240

Muslim Obsession – Berjalan kaki bagi sebagian orang adalah hal yang biasa dilakukan sehari-hari. Namun, sebagian lainnya sangat malas melakukannya. Padahal, berjalan kaki memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Apa sajakah itu?

Berikut 10 manfaat berjalan kaki, dikutip dari healthline, Senin (20/4/2020).

Meningkatkan aliran darah

Berjalan kaki sering dilakukan oleh orang-orang yang duduk untuk waktu yang lama. Hal ini dapat membantu membuat darah mengalir lancar terutama ke daerah kaki. Berjalan kaki membantu meringankan perasaan lesu atau stagnan.

Melancarkan pencernaan

Berjalan setelah makan adalah cara yang fantastis untuk meningkatkan kelancaran saluran pencernaan, terutama jika Anda merasa berat atau kenyang. Gerakan berjalan ini juga membantu makanan untuk bergerak melalui saluran pencernaan Anda dan juga dapat mencegah sembelit.

Mengurangi kecemasan

Sebuah studi pada 2017 pada orang dewasa muda menunjukkan bahwa berjalan lebih efektif dalam mengurangi gejala kecemasan ketika dikombinasikan dengan meditasi. Setiap sesi meditasi atau berjalan adalah 10 menit.

Meningkatkan kadar dan sirkulasi gula darah

Sebuah studi kecil tahun 2016 menyimpulkan bahwa berjalan kaki memiliki efek positif pada kadar gula darah dan sirkulasi pada orang dengan diabetes tipe 2. Terlebih bagi mereka yang rutin berjalan kaki selama 30 menit dalam 3 kali seminggu selama 12 minggu.

Mengurangi depresi

Penting untuk tetap aktif, terutama seiring bertambahnya usia. Olahraga teratur membantu meningkatkan tingkat kebugaran dan meningkatkan mood. Menurut sebuah penelitian kecil tahun 2014, orang tua memiliki lebih sedikit gejala depresi setelah berjalan kaki 3 kali seminggu selama 12 minggu.

Meningkatkan ketenangan hati

Jika memungkinkan, berjalan-jalanlah di alam, seperti taman atau tempat dengan banyak pepohonan, yang dapat meningkatkan perasaan damai.

Meningkatkan kualitas tidur

Untuk mendapatkan manfaat dari olahraga, tidak perlu melakukan latihan yang intens. Penelitian dari 2019 menunjukkan bahwa olahraga teratur memiliki efek positif pada kualitas tidur. Berjalan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi ketegangan otot sehingga Anda merasa lebih baik secara fisik. Plus, Anda akan lebih cenderung mengurangi perasaan stres dan kecemasan, terutama jika Anda berjalan di pagi hari. Semua manfaat ini dapat membuat Anda tenang, pikiran jernih sehingga Anda siap tertidur dan tidur nyenyak setiap malam.

Membuat olahraga menjadi menyenangkan

Memasukkan aspek perhatian ke dalam rutinitas kebugaran Anda dapat membuat olahraga lebih menyenangkan. Para peneliti dalam sebuah studi kecil tahun 2018 menemukan bahwa orang-orang yang mendengarkan rekaman mindfulness saat melakukan 10 menit berjalan di atas treadmill menemukan aktivitas itu lebih menyenangkan.

Mengasah kreativitas

Berjalan kaki dapat membawa pikiran Anda lebih jernih dan fokus pada pola pikir Anda, yang pada gilirannya dapat merangsang kreativitas.

Meningkatkan keseimbangan

Sebuah studi dari 2019 pada wanita yang lebih tua menunjukkan bahwa meditasi berjalan dapat mendorong keseimbangan yang lebih baik serta kesadaran dan koordinasi pergelangan kaki. Latihan ini melibatkan kesadaran akan gerakan kaki dan pergelangan kaki sambil berjalan perlahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here