Jangan Lupakan Doa ini Saat Keluar Rumah

148
Ilustrasi: Bersiap untuk beraktivitas. (Foto: shepherdsfriendly)

Muslim Obsession – Doa adalah senjata setiap orang beriman. Tanpa memiliki senjata, orang beriman akan sangat sulit menghadapi dorongan hawa nafsu dan bisikan setan.

Berdoa juga merupakan sikap pengakuan seorang hamba atas segala kelemahan yang dimilikinya, bahwa ia tak memiliki daya dan upaya melainkan atas izin Allah ﷻ dan pengakuan bahwa ia selalu membutuhkan Allah dalam setiap kesempatan.

Termasuk saat hendak beraktivitas di luar rumah, Rasulullah ﷺ mengajarkan umatnya untuk memulainya dengan berdoa.

Namun tampaknya, dibandingkan doa makan dan lainnya, berdoa saat keluar rumah termasuk yang paling jarang dilakukan. Padahal jika ditelisik, doa saat keluar rumah memiliki fadhilah atau keutamaan yang sangat besar.

Baca juga: Ngantuk Saat Bekerja di Kantor? Cegah dengan Lima Benda Ini!

Anas Bin Malik radhiyallahu ‘anhu menceritakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ: بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ

“Jika seseorang keluar dari rumahnya, lantas dia mengucapkan Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa hawla wa laa quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya), maka dikatakan ketika itu, “Engkau akan diberi petunjuk dicukupkan dan dijaga. Setanpun akan menyingkir jauh darinya”. Setan yang lain akan mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan,” (HR. Tirmidzi no.3426, Abu Dawud no.5095, Ibnu Hibban no.882, Nasa’i no.9837, Baihaqi no.9555, Ibnu Suni no.179 dan lain-lain).

Baca juga: Ini Cara Atasi Stres Saat Bekerja

Hadits tersebut memberikan informasi bahwa setiap orang yang membaca itu saat keluar dari rumahnya, maka dikatakan ketika itu “Engkau akan diberi petunjuk”. Para ulama mengatakan bahwa kalimat tersebut diucapkan oleh Malaikat. Hal ini di antaranya disebutkan Al-Mubarakfuri rahimahullah dalam Tuhfatul Ahwadzi (IX:271).

Seorang hamba yang memahami bahwa ia diberikan petunjuk, kecukupan, dan penjagaan dari Allah ﷻ akan merasa tenang dalam hidupnya.

Begitupun saat ia keluar rumah untuk beraktivitas, baik sekolah maupun bekerja atau pergi ke manapun, ia akan merasa tenang karena mendapat perlindungan dari Allah ﷻ dan melaksanakan aktivitasnya tersebut dengan penuh optimistik.

Betapa besar keutamaan membaca doa saat keluar rumah ini, sehingga sangat disayangkan kalau kita tidak membiasakan diri untuk membacanya. Mari, ajarkan doa ini kepada anak-anak kita. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here