Jangan Biasakan Tidur Larut Malam, Efeknya Bisa Bahaya!

251
Biasa tidur larut malam bisa berdampak buruk bagi kesehatan. (Foto: istock)

Muslim Obsession – “Begadang, jangan begadang…kalau tiada artinya”, demikian Bang Haji Rhoma Irama mengingatkan. Biasa begadang atau tidur terlalu larut ternyata memang memiliki efek yang buruk bagi kesehatan.

Seseorang yang biasa tidur terlalu larut malam biasanya sulit untuk mengoptimalkan aktivitas paginya. Lebih dari itu, kebiasaan tidur larut malam juga bisa membuat kesehatan seseorang memburuk, karena memiliki risiko lebih tinggi mengidap diabetes dan terkena penyakit jantung.

Menukil Halodoc, Kamis (5/8/2021), kebiasaan tidur larut malam juga dapat berpengaruh pada mood dan bahkan bisa memicu stres. Sebaliknya, tidur malam yang berkualitas akan membuat badan dan pikiran seseorang segar, meningkat ketajaman mentalnya, serta baik emosionalnya.

BACA JUGA: 6 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Apa Saja?

Berikut ini adalah beberapa efek buruk yang perlu diperhatikan jika sering tidur terlalu larut malam:

1. Susah Berpikir. Melewatkan satu malam tanpa tidur dapat menyebabkan beberapa masalah kognisi (berpikir). Fungsi otak termasuk memori, pengambilan keputusan, penalaran, dan pemecahan masalah memburuk ketika kamu tidak tidur malam. Reaksi respons dan dan kewaspadaan juga menurun seiring dengan kurangnya istirahat malam.

2. Cepat Sakit. Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan penyakit, sehingga membuat kamu lebih mudah sakit.

3. Peningkatan Risiko Kanker. Sering terjaga sampai larut malam juga dikaitkan dengan peningkatan kanker payudara, kanker kolorektal, dan kanker prostat.

BACA JUGA: Jarang Disadari, Main HP Sebelum Tidur Bisa Merusak Mata Hingga Sebabkan Kanker

4. Membuat Jantung Lelah. Menurut data kesehatan yang diterbitkan oleh European Heart Journal, punya kebiasaan tidur terlalu larut malam terbukti berdampak negatif pada kesehatan jantung, terutama penyakit jantung koroner dan sakit stroke.

5. Cepat Lupa. Kurang tidur membuat kamu cepat lupa. Tidur sangat penting sebagai proses mengkonsolidasikan hal-hal yang kamu serap dan pelajari di otak. Dengan kata lain, kamu membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengunci informasi baru dan menyimpannya dalam ingatan.

6. Menurunkan Gairah Seks. Kurang tidur bisa mengurangi gairah seks. Kurang tidur selama seminggu dapat mengakibatkan penurunan kadar testosteron. Tidur malam hanya 5 jam atau kurang dari 5 jam bisa mengurangi kadar hormon seks sebanyak 10 hingga 15 persen.

BACA JUGA: Gus Baha: Tidurnya Umat di Akhir Zaman Banyak Nilai Ibadahnya

7. Penambahan Berat Badan. Kurang tidur dapat menyebabkan berat badan bertambah. Orang yang tidur kurang dari 5 jam setiap malam selama tiga tahun lebih cenderung menambah berat badan dan akhirnya menjadi obesitas. Sedangkan mereka yang tidur malam antara 7 dan 8 jam lebih bisa menjaga berat badan idealnya.

8. Rentan Mengalami Kecelakaan. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Sleep Foundation, disebutkan kalau orang yang sering tidur terlalu larut malam rentan mengalami kecelakaan mobil.

9. Kulit Kendur. Mereka yang kurang tidur memiliki lebih banyak garis halus, kerutan, warna kulit tidak merata, dan kulit kendur. Istirahat cukup termasuk tidur malam dapat membantu regenerasi kulit, sehingga kulit tidak kusam dan tidak cepat mengendur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here