Jamaah Haji Mulai Padati Masjid Nabawi

664
Jamaah Haji mulai memadati Masjid Nabawi (Foto: PHU)

Madinah, Muslim Obsession – Kedatangan jamaah haji Indonesia telah memasuki hari keempat. Telah lebih dari 10.000 jamaah Indonesia yang berada di Madinah. Belum lagi jumlah jamaah haji dari berbagai negara lain, memadati Masjid Nabawi.

Penuh sesaknya masjid Nabi ini akan makin terasa dalam beberapa hari ke depan. Jamaah haji bukan hanya memadati bagian dalam masjid saat shalat fardhu. Jamaah haji juga akan terlihat dalam antrean panjang dan berdesakan di sekitar makam nabi. Terutama bagi jamaah yang menunggu giliran masuk ke Raudah, tempat istijabah untuk berdoa.

Dalam rilis PHU, Jumat (20/7/2018) mengimbau kondisi ini harus diatisipasi dengan baik oleh para jamaah haji. Agar mereka memperoleh tempat shalat yang nyaman sebaiknya berangkat ke masjid lebih awal.

Utamakan 20-30 menit sebelum adzan sudah berada di dalam masjid. Saat pulang pun sebaiknya menunggu kondisi agak sepi, agar tidak berdesak-desakan di pintu keluar masjid.

Selama menunggu waktu shalat atau setelah shalat, para jamaah haji dapat melakukan berbagai aktivitas ibadah. Salah satunya mengaji yang menjadi pilihan favorit para Tamu Allah. Jamaah juga tidak perlu membawa Al-Quran, karena di setiap tiang masjid terpasang rak dengan puluhan Al-Quran di atasnya.

Bila berminat, jamaah haji juga dapat belajar membaca Al-Quran dengan panduan puluhan ustadz di Nabawi. Ceramah agama dalam berbagai bahasa juga tersedia dalam kelompok-kelompok kecil. PHU berharap, kepadatan masjid Nabawi tidak menjadi penghalang jamaah haji untuk nyaman beribadah. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here