Jalan Jihad Jurnalisme Pertama Indonesia Roehana Koedoes

156
Rohana Kudus Jurnalis Pertama Indonesia (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Indonesia memiliki begitu banyak tokoh perempuan hebat. Baik yang berjuang lewat dunia pendidikan, jurnalistik, pemerintahan, politik, bahkan perjuangan mengangkat senjata melawan penjajah.

Jika Kartini bisa menjadi sosok fenomenal dan diangkat menjadi Pahlawan Nasional karena kemahirannya menulis, lalu bagaimana dengan Roehana Koedoes (ejaan lama) atau Rohana Kudus? Beliau adalah jurnalis perempuan pertama Indonesia. Beliau hidup sezaman dengan Kartini, lebih muda lima tahun dibanding Kartini. Beliau hidup di zaman ketika akses perempuan untuk mendapat pendidikan sangat dibatasi

Ketika Kartini asyik mengungkapkan ide-ide perjuangannya lewat surat kepada JH.Abendanon atau Stella Zeehandelaar, maka Rohana Kudus asyik mengungkapkan ide-ide perjuangannya lewat surat kabar Sunting Melayu yang dipimpinnya. Jika Sekolah Kartini berhasil didirikan 11 tahun setelah wafatnya, maka Rohana berhasil mendirikan Sekolah Kerajinan Amal Setia di tahun 1911 ketika berusia 27 tahun. Sebuah prestasi yang sangat fenomenal.

Rohana Kudus adalah seorang perempuan yang mempunyai komitmen yang kuat pada pendidikan terutama untuk kaum perempuan. Pada zamannya, Rohana termasuk salah satu dari segelintir perempuan yang percaya bahwa diskriminasi terhadap perempuan, termasuk kesempatan untuk mendapat pendidikan adalah tindakan semena-semena dan harus dilawan. Dengan kecerdasan, keberanian, pengorbanan serta perjuangannya Rohana melawan ketidakadilan untuk perubahan nasib kaum perempuan.

Walaupun Rohana tidak bisa mendapat pendidikan secara formal, namun Rohana tetap rajin belajar dengan ayahnya, seorang pegawai pemerintah Belanda yang selalu membawakan Rohana bahan bacaan dari kantor. Keinginan dan semangat belajarnya yang tinggi membuat Rohana cepat menguasai materi yang diajarkan ayahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here