Jadi Pemersatu Umat Islam, ICMI: Roh Masyumi Ada di Parmusi

46
Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie
Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie. (Foto: Edwin Budiarso)

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie menghadiri Malam Dakwah Membangun Umat Madani yang digagas Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) di Hotel JS Luwansa, Rabu malam (5/12/2018).

Pada kesempatan tersebut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengatakan Parmusi kini sedang bertransformasi dari karakter organisasi politik menjadi organisasi kemasyarakatan yang orientasinya lebih sosial dan dakwah.

“Dan mudah-mudahan dengan kesungguhan di bawah kepemimpinan Usamah Hisyam dan kawan-kawan pengurus ini bisa efektif, bisa berhasil, dengan program-program yang ditampilkan. Saya percaya Parmusi ini bisa efektif menggerakan persaudaraan di antara sesama orang Islam di luar segala aliran-aliran mazhabnya,” ungkapnya kepada Muslim Obsession di sela-sela acara.

Baca juga:

Parmusi Gelar Malam Dakwah untuk Bangun Umat Madani

Sejumlah Tokoh Nasional Hadir pada Malam Dakwah yang Digelar Parmusi

Ketum Parmusi Sebut Desa Madani Lebih Efisien dari Dana Desa

Surya Paloh Harap Parmusi Menjadi Benteng Pemikiran-Pemikiran Islam

Jimly menegaskan, rata-rata organisasi yang sudah terjun ke dunia politik atau berubah menjadi partai, organisasi tersebut tidak akan bisa lagi merangkul semua orang Islam, kelompok Islam yang sangat beraneka ragam.

“Jadi Masyumi yang dulu mempersatukan umat Islam, itu rohnya sekarang ada di Parmusi ini, maka saya berharap mudah-mudahan organisasi ini betul-betul menjaga spiritnya untuk kegiatan sosial dan dakwah, dan sesuai dengan ide pembentukannya Persaudaraan Muslimin Indonesia. Dan itu menjadi rumah besar umat Islam di luar politik,” tukasnya.

“Kalau politik itu kan memecah belah, jadi dengan program-program orientasi ke desa, dakwah yang lebih transformatif, ini bagus sekali,” tambahnya.

Maka dari itu melihat program yang di canangkan Parmusi lebih kepada kepentingan umat, sehingga banyak tokoh, seperti Surya Paloh tergerak untuk membantu perjuangan Parmusi, dan Mengimbau para pengusaha untuk membantu programnya Parmusi.

“Saya himbau para pengusaha, tokoh-tokoh masyarakat pada umumnya juga membantu, dan saya sebagai ketua umum ICMI se-Indonesia terbuka sekali untuk partnership, ini organisasi punya sejarah dan punya bakat untuk berkembang besar dan punya bakat untuk menjadi wadah pemersatu umat,” tuturnya.

Dalam acara tersebut turut hadir beberapa tokoh di antaranya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, dan Kabaintelkam Polri Komjen Pol Luthfi Lubihanto. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here