Istighfar, Kunci Agar Mendapat Rezeki Tak Disangka-Sangka

872
Kunci (unsplash)

Jakarta, Muslim Obsession – Mari membuka pintu rezeki dengan membaca istighfar (astagfirullah al’adzim) yang artinya aku memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Karena bisa jadi, rezeki kita terhalang datang sebab dosa dan maksiat kita yang sudah terlalu banyak. Dalam sebuah hadits diriwayatkan:

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka”  (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh Al-Hakim serta Ahmad Syakir).

Baca Juga: Istighfar Dapat Mengangkat Wabah

Dikisahkan dalam Tafsir al-Qurthubi, bahwa suatu hari ada orang yang mengadu kepada Al-Hasan Al-Bashri tentang lamanya paceklik, maka beliau pun berkata:

“Beristighfarlah kepada Allah”. Kemudian datang lagi orang yang mengadu tentang kemiskinan, beliaupun memberi solusi, “Beristighfarlah kepada Allah”. Terakhir ada yang meminta agar didoakan punya anak, Al-Hasan menimpali, “Beristighfarlah kepada Allah”.

Ar-Rabi’ bin Shabih yang kebetulan hadir di situ lalu bertanya, “Kenapa engkau menyuruh mereka semua untuk beristighfar?”.

Baca Juga: Kisah Keutamaan Istighfar

Maka Al-Hasan Al-Bashri pun menjawab:

“Aku tidak mengatakan hal itu dari diriku sendiri. Namun sungguh Allah telah berfirman dalam surat Nuh: “Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu”.

 

Wallahu A’lam bish Shawab..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here