Istanbul, Kota paling Ramah bagi Pendatang

328

Istanbul, Muslim Obsession – Istanbul tetap menjadi kota yang terjangkau bagi orang asing yang bekerja di luar negeri, meskipun peringkatnya naik sembilan tempat pada Survei Biaya Hidup Mercer tahun ini yang dirilis Rabu lalu.

Istanbul pindah dari tempat ke-163 ke 154 pada survei 2019, setara dengan Leipzig, Jerman, dan Chennai, India. Delapan dari 10 kota termahal untuk ekspatriat berada di Asia, dengan Hong Kong peringkat No. 1 untuk tahun kedua berturut-turut.

Berikutnya dalam daftar adalah Tokyo, Singapura dan Seoul, diikuti oleh Zurich, Swiss. Yang masuk 10 besar adalah Shanghai, Ashgabat di Turkmenistan, Beijing, Kota New York dan Shenzhen di Cina.

Kota paling murah di dunia untuk orang asing adalah Tunis, ibukota Tunisia, seperti No. 209; Tashkent, ibukota Uzbekistan; dan kota terpadat di Pakistan, Karachi.

Di Timur Tengah, Tel Aviv tetap menjadi kota yang paling mahal untuk ekspat, peringkat No. 15. Dubai (21), Abu Dhabi (33) dan Riyadh (35) mengikuti sebagai kota-kota termahal di kawasan ini.

Di Eropa, Swiss adalah rumah bagi tiga kota termahal di benua itu, dengan peringkat Bern di tempat ke-12 dan Jenewa di urutan ke-13. London berada di urutan ke-23 dalam daftar, sementara Paris turun 13 peringkat ke posisi ke-47 dan Madrid turun 18 peringkat ke posisi ke-82. Moskow memegang peringkat ke-27 di daftar 2019.

Seiring dolar AS naik nilainya, peringkat kota-kota AS melonjak pada daftar tahun ini, dengan Kota New York naik empat tempat sebagai kota peringkat tertinggi di wilayah tersebut.

Di antara kota-kota besar A.S., Boston mendaki paling banyak tempat, melonjak 21 tempat ke posisi 49. Los Angeles naik 17 tempat ke No. 18 sementara San Francisco naik 12 tempat ke No. 16.

Survei Mercer dirancang untuk membantu pemerintah dan perusahaan multinasional dalam menentukan tunjangan kompensasi untuk karyawan mereka yang berbasis di luar negeri.

Berbasis di dolar AS, survei ini mengukur biaya komparatif lebih dari 200 item di setiap kota, dari transportasi ke barang-barang rumah tangga hingga hiburan.

Survei ini mencakup lebih dari 500 kota, dan peringkat 2019 mengulas 209 kota di lima benua.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here