Istanbul jadi Tuan Rumah World Halal Summit dan Halal Expo

352
World Halal Summit (Foto: Daily Sabah)

Istanbul, Muslim Obsession – KTT Halal Dunia ke-5 dan Expo Halal ke-7 Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan dimulai di Istanbul, Rabu (27/11/2019).

Perusahaan terkemuka, pejabat tinggi, pembuat keputusan, pakar, akademisi, ilmuwan, dan mahasiswa dari 80 negara termasuk Timur Tengah, Asia, Eropa, Timur Jauh, Amerika – akan menghadiri pertemuan puncak.

“KTT ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dengan mengadakan konferensi di mana topik terkait halal di bidang keuangan, pariwisata, makanan, obat-obatan, farmasi, kosmetik, tekstil, mode sederhana, dan sektor-sektor lain akan dibahas,” menurut situs webnya.

Dikutip dari Daily Sabah, KTT tahunan yang berlangsung empat hari itu bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Perdagangan Islam (ICDT) dan Institut Metrologi dan Standar untuk Negara-negara Islam (SMIIC).

KTT dengan tema utama “Halal untuk Semua Generasi,” diharapkan untuk melakukan perdagangan halal dan mengembangkan hubungan multilateral antar negara. The 7th Halal Expo, yang merupakan pameran terbesar di sektor halal, akan mengumpulkan pemain sektoral dengan partisipasi internasional yang besar.

Sekitar 40.000 pengunjung dan 9.000 delegasi profesional diharapkan menghadiri pameran yang akan memamerkan 316 perusahaan domestik dan asing dari 35 negara. Tahun lalu, pameran ini menampung 200 pembeli dari 25 negara.

Kedua acara akan diselenggarakan di bawah naungan Presidensi Republik Turki di Eurasia Exhibition Centre Istanbul.

Pasar Halal Mencapai $ 7 Miliar

Yunus Ete, presiden World Summit Summit Organization, mengatakan sementara populasi Muslim meningkat pesat di dunia, konsumsi makanan halal mereka juga tentu meningkat.

“Beberapa negara Muslim, termasuk Turki, mengambil bagian lebih sedikit dibandingkan negara-negara dunia lainnya dari pasar halal senilai $ 4 triliun,” katanya dalam siaran pers.

Dia ingat bahwa saat ini, volume pasar halal Turki mencapai $ 15 miliar, sementara volume pasar halal global diperkirakan akan mencapai $ 7 triliun pada tahun 2021.

Dia juga mengatakan Turki memiliki 150 dari total 350 fasilitas wisata halal di dunia. Volume pariwisata halal diperkirakan akan mencapai $ 300 miliar secara global dan Turki dapat mengambil bagian $ 20 miliar dari volume ini pada tahun 2023. (Vin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here