Israel Tembaki Kapal Nelayan Palestina

602
Israel menembaki kapal nelayan Palestina (Photo: AA/ Ilustrasi)

Palestina, Muslim Obsession – Satu nelayan Palestina tewas dan dua lainnya cedera saat Angkatan Laut Israel (IDF) menembaki sebuah kapal nelayan di lepas pantai Gaza.

Juru bicara militer Israel mengatakan, nelayan tersebut telah menyimpang dari zona penangkapan ikan.

“Kapal mencurigakan itu telah melewati zona nelayan di Jalur Gaza utara, dengan tiga tersangka nelayan di dalamnya,” paparnya seperti dikutip Anadolu Agency, Selasa (27/2/2018).

Pasukan IDF mengklaim, telah melakukan protokol penangkapan berupa tembakan peringatan di udara. Karena seruan itu dianggap telah diabaikan, terpaksa mereka menambaki kapal nelayan tersebut.

“Para nelayan telah dibawa ke Rumah Sakit Barzilai di kota Ashkelon selatan Israel,” tutur IDF.

Akibat tembakan tersebut, salah satu nelayan luka parah dan kemudian meninggal. Menurut sebuah serikat nelayan yang berbasis di Gaza, sekitar 50.000 warga Gaza mencari nafkah dari penangkapan ikan.

Israel telah memberlakukan blokade selama 10 tahun di Gaza. Guna mencegah penyelundupan senjata kepada kelompok teroris. Israel pun melarang penangkapan ikan di luar enam mil laut (11 kilometer) di lepas pantai. Perahu yang melebihi batas tersebut berisiko dianggap mencurigakan dan dianggap terlibat dalam penyelundupan senjata. (Vina) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here