Israel Luncurkan Serangan Udara di Jalur Gaza

89

Muslim Obsession – Angkatan Udara Israel meluncurkan serangan udara di Jalur Gaza pada Rabu (16/6/2021) setelah warga Palestina di daerah kantong yang terkepung mengirim balon pembakar ke Israel selatan, demikian menurut militer Israel dan saksi di Gaza.

Ini adalah yang pertama sejak berakhirnya 11 hari pertempuran lintas batas bulan lalu.

Gejolak ini dianggap ujian pertama bagi pemerintah baru Israel, terjadi setelah pawai dilakukan di Yerusalem Timur pada hari Selasa oleh nasionalis Israel yang telah menarik ancaman tindakan oleh Hamas, kelompok teroris yang berkuasa di Gaza.

Mengutip sebuah pernyataan, Al Jazeera melaporkan bahwa tentara Israel mengatakan bahwa mereka menyerang kompleks Hamas dan bahwa mereka “siap untuk semua skenario, termasuk pertempuran baru dalam menghadapi aksi teroris lanjutan yang berasal dari Gaza.”

Serangan rudal terhadap sasaran di wilayah Kota Gaza dan di kota Khan Yunis di bagian barat daya daerah kantong Palestina, demikian laporan Sputnik.

Sebelumnya, seorang juru bicara militer Israel mengatakan balon dengan bahan peledak diluncurkan dari Jalur Gaza ke arah pemukiman Israel di dekat perbatasan dan tentara bermaksud untuk bereaksi.

Pada 21 Mei, rezim gencatan senjata antara Israel dan Jalur Gaza mulai berlaku. Israel dan Hamas mengakhiri pertempuran selama 11 hari di mana ratusan roket diluncurkan dari pihak Israel dan Palestina.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza yang dikelola Hamas, 253 warga Palestina tewas dalam pertempuran itu, termasuk 66 anak-anak, sementara 13 warga Israel, termasuk seorang anak laki-laki berusia 5 tahun dan seorang tentara tewas.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here