Israel Lobi Honduras untuk Pindahkan Kedubesnya ke Yerusalem

287
Benjamin Netanyahu
Benjamin Netanyahu (Foto: Anadolu Agency)

Jakarta, Muslim Obsession – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melobi presiden Honduras untuk memindahkan kedutaan besar negaranya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Lobi tersebut dilakukan pada pertemuan antara Netanyahu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez di Brazil di sela-sela pelantikan presiden baru Brazil Jair Bolsonaro.

Seperti dikutip Haaretz, Netanyahu mengatakan pertemuan itu membahas pembukaan Kedutaan Besar Honduras di Yerusalem dan kedutaan besar Israel di ibu kota Honduras, Tegucigalpa.

Pembicaraan mengenai pemindahan Kedutaan Besar Honduras ke Yerusalem pertama kali dibahas saat kunjungan istri Netanyahu, Sara ke Guatemala Desember lalu.

Dia mengatakan bahwa pertemuan itu membahas percepatan pembukaan dua kedutaan besar di Yerusalem dan Honduras.

Sementara itu, Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ketiga pihak sepakat untuk mengupayakan rencana aksi, yang mencakup pertemuan di tiga ibu kota masing-masing, untuk memajukan keputusan pembukaan kedutaan besar di Tegucigalpa dan Yerusalem

Sebelumnya, AS dan Guatemala sudah memindahkan kedutaan mereka ke Yerusalem.

Dalam beberapa bulan terakhir, Otoritas Palestina, Liga Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) telah meminta negara-negara untuk tidak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel atau memindahkan kedutaan mereka ke kota itu. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here