Israel Ingin Jalin Hubungan Diplomatik dengan Negara Muslim Asia Tenggara

86

Jakarta, Muslim Obsession – Duta Besar Israel untuk Singapura, Sagi Karni menyatakan, pihaknya bersedia bekerja sama untuk menjalin hubungan dengan negara-negara mayoritas Muslim di kawasan Asia Tenggara, meskipun negara-negara muslim di kawasan tersebut terus mengecam tindakan Israel terhadap Palestina.

Tiga negara mayoritas Muslim di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Negara tersebut diketahui mengecam keras gempuran Israel ke Gaza selama 11 hari, yang menurut paramedis, telah menewaskan lebih dari 250 warga Palestina.

Dari kubu Israel, sedikitnya 13 warga dilaporkan tewas akibat serangan roket dari Hmas dan militan lainnya di Gaza. Baik Indonesia, Malaysia dan Brunei mendesak Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk turun tangan dan menghentikan ‘kekejaman yang dilakukan terhadap rakyat Palestina’.

Ketiga negara itu tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel, dan telah berulang kali menyerukan diakhirinya pendudukan Israel atas wilayah Palestina serta menyerukan solusi dua negara yang didasarkan pada perbatasan sebelum Perang Timur Tengah tahun 1967.

Dalam wawancara via video kepada Reuters, Karni selaku Dubes Israel untuk Singapura menyebut kritikan dari ketika negara itu ‘tidak jujur’ dan mengabaikan ‘sifat sebenarnya dari konflik’, yang disebutnya ada di antara Israel dan Hamas, dan bukan rakyat Palestina.

“Hamas merupakan organisasi anti-Semitisme … Saya tidak yakin bahwa banyak orang yang berpartisipasi dalam debat media sosial sungguh-sungguh memahami sifat radikal dan fasis dari Hamas,” sebut Karni kepada Reuters, Kamis (18/60.

Lebih lanjut, Karni menyatakan Israel mengakui jatuhnya korban sipil selama pertempuran 11 hari, namun dia menilai bahwa satu-satunya cara untuk pihak manapun memiliki pengaruh berarti atas apa yang terjadi di Timur Tengah adalah dengan menjalin hubungan dengan Israel.

“Kami bersedia berbicara, kami bersedia bertemu, dan pintu terbuka sejauh yang kami ketahui. Saya pikir tidak begitu sulit untuk mencari kami,” ujarnya.
Israel diketahui memiliki kedutaan di Vietnam, Thailand, Filipina dan Myanmar, di antara negara-negara lainnya di Asia.

Tahun lalu, empat negara Arab, yakni Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan dan Maroko, sepakat menormalisasi hubungan dengan Israel di bawah kesepakatan yang dimediasi Amerika Serikat (AS). (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here