Isolasi Diri, Khabib Nurmagomedov Mundur dari UFC 249

583
Khabib Nurmagomedov (Foto: AFP)

Dagestan, Muslim Obsession – Duel yang ditunggu-tunggu pada 18 April 2020 antara Khabib Nurmagomedov dan Ferguson di UFC 249 nampaknya dibatalkan, usai Khabib menyatakan untuk isolasi diri di tengah pandemi virus corona.

Nurmagomedov membuat pengumuman langsung di Instagram. Dia mengatakan kepada dunia seni bela diri campuran untuk “menjaga diri sendiri dan menempatkan diri pada posisi saya.”

Nurmagomedov (28-0) dijadwalkan untuk bertarung melawan pesaing utama Tony Ferguson (25-3) dalam acara utama UFC 249. Acara ini awalnya dijadwalkan di Barclays Center di Brooklyn sebelum pandemi melemparkan jadwal UFC ke dalam pergolakan.

Nurmagomedov kini berada di Dagestan. Dia menegaskan tidak akan pergi untuk bertarung bahkan jika Presiden UFC Dana White dapat menemukan lokasi untuk menggelar duel itu.

Nurmagomedov meninggalkan California untuk kembali ke rumahnya di Dagestan, ketika UFC memiliki rencana sementara untuk menggelar UFC 249 di Uni Emirat Arab (UEA), tetapi sang juara pertama mengungkapkan bahwa ia mungkin tidak akan diizinkan meninggalkan negara itu lagi karena pembatasan perjalanan.

“Aku mengerti segalanya dan aku jelas lebih kesal daripada kamu untuk membatalkan pertarungan. Mungkin seperti yang lainnya, aku punya banyak rencana setelah pertarungan, tapi aku tidak bisa mengendalikan semuanya,” ungkap Khabib seperti dilansir Daily Sabah, Jumat (3/4/2020).

White dan UFC tidak segera mengomentari keputusan Nurmagomedov, yang telah diharapkan selama beberapa hari sejak dunia MMA mengetahui bahwa Nurmagomedov berada di Dagestan, bukan di California, di mana ia biasanya menyelesaikan pelatihan untuk pertarungannya.

Nurmagomedov juga mengungkapkan kemarahan pada mereka yang mencoba memaksa dia untuk bertarung, meskipun dia tidak menjelaskan apakah dia merujuk pada penggemar atau White.

“Ternyata seluruh dunia harus dikarantina. Pemerintah semua negara, orang-orang terkenal di seluruh dunia mendesak orang untuk mengikuti semua persyaratan keselamatan untuk membatasi penyebaran penyakit, untuk menyelamatkan orang-orang, dan Khabib adalah satu-satunya yang dibebaskan dari semua kewajiban dan harus menunjukkan kehendak bebas dan melatih terbang di seluruh dunia, demi pertarungan?” tanya Khabib.

Meski demikian,  Ferguson masih ingin bertarung pada 18 April, dan dia meminta UFC untuk melepaskan Nurmagomedov dari gelar ringannya dalam sebuah wawancara dengan ESPN, mitra siaran UFC.

“Dia jelas tahu apa yang bisa dia lakukan untuk membantu menyelamatkan kartu ini,” kata Ferguson, yang tidak pernah kalah sejak 2012.

White berulang kali bersumpah untuk menemukan cara yang aman untuk mengadakan UFC 249, acara bayar per tayang terbesar di kalender musim semi promosi. White mengklaim memiliki tempat yang dipilih di mana ia akan mengadakan pertunjukan tanpa penggemar, meskipun ia belum mengungkapkan lokasi.

UFC mengadakan pertunjukan tanpa penggemar di Brasil pada 14 Maret tetapi telah menunda tiga acara berikutnya. White telah merencanakan untuk mengadakan dua acara tanpa penggemar di kompleks pelatihan UFC di Las Vegas, tetapi keputusan Komisi Atletik Negara Bagian Nevada untuk menangguhkan kompetisi olahraga tempur di negara bagian mencegahnya melakukannya.

Sementara Nurmagomedov telah mengesampingkan dirinya, beberapa petarung telah berkampanye untuk slot utama pada kartu UFC 249.

Petarung Justin Gaethje telah diusulkan sebagai lawan potensial bagi Ferguson, yang mengatakan dia belum secara resmi menerima pertarungan baru karena masih belum jelas apakah UFC 249 akan maju. Juara kelas welter Kamaru Usman juga menawarkan diri untuk bertarung dalam waktu singkat melawan veteran Jorge Masvidal.

Pandemi telah memperpanjang salah satu garis paling membingungkan dalam sejarah MMA. Nurmagomedov dan Ferguson secara resmi telah dipesan untuk bertarung lima kali sejak Desember 2015, dan pertarungan yang dilintangi oleh kedua bintang itu masih belum pernah terjadi.

Pertandingan terjadwal pertama dibatalkan pada akhir 2015 karena cedera yang tidak diungkapkan untuk Nurmagomedov, dan pertarungan yang diusulkan kedua pada April 2016 dibatalkan ketika Ferguson memiliki masalah dengan paru-parunya.

Pertarungan dipesan untuk ketiga kalinya di UFC 209 pada Maret 2017 tetapi dibatalkan pada hari penimbangan ketika Nurmagomedov menjadi sakit parah karena berat badannya turun.

UFC menjadwalkan pertarungan untuk keempat kalinya bagi UFC 223 pada April 2018. Enam hari sebelum pertarungan, namun Ferguson merobek ligamen di lututnya sambil berjalan ke televisi untuk mempromosikan pertarungan, dan itu dibatalkan lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here