ISLAM

152

Oleh: Abdullah Mahmud

Dunia hari ini menunjukkan ketidakberdayaannya. Mana negara-negara super power yang congkak itu dengan teknologi dan kemajuannya. Komunisme sudah runtuh berantakan. Kapitalisme sedang sekarat. Bahkan Amerika tidak mampu membendung kematian karena virus Corona.

Jumlah yang wafat di Amerika melebihi di China sebagai awal penyebaran virus itu. Dunia dibikin tidak berdaya oleh makhluk kecil yang tidak terlihat mata itu. Dalam buku “The Death of The West”, Patrick Buchanan pengarangnya, orang hebat Amerika, penasihat 3 presiden Amerika, menyimpulkan bahwa; Barat menuju kepada kematiannya karena dua faktor, yaitu kerusakan moral dan pertumbuhan demografi yang melemah dikarenakan perempuan Barat tidak ingin punya anak kecuali hanya satu.

Inilah kesempatan dunia untuk melirik Islam sebagai sistem kehidupan yang adil dan universal. Karena sistem buatan manusia terbukti gagal memanusiakan manusia seutuhnya. Yang terjadi justru eksploitasi yang kuat terhadap yang lemah.

Beruntunglah orang Islam yang dipilih Allah dan diberikan Al-Quran agar selamat kehidupannya dunia-akhirat.

اَفَمَنْ شَرَحَ اللّٰهُ صَدْرَهٗ لِلْاِسْلَامِ فَهُوَ عَلٰى نُوْرٍ مِّنْ رَّبِّهٖ ۗفَوَيْلٌ لِّلْقٰسِيَةِ قُلُوْبُهُمْ مِّنْ ذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اُولٰۤىِٕكَ فِيْ ضَلٰلٍ مُّبِيْنٍ

“Maka apakah orang-orang yang dibukakan hatinya oleh Allah untuk (menerima) agama Islam lalu dia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang hatinya membatu)?  Maka celakalah mereka yang hatinya telah membatu untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata,” (QS. Az-Zumar [39]: 22).

Karena itu pertahankan Islam sampai mati. walaa tamuutunna illa wa antum muslimun.

Islam dibangun di atas 5 pondasi: (1) Dua kalimat syahadat, (2) Mendirikan shalat, (3) Menunaikan zakat, (4) Melaksanakan haji, dan (5) Berpuasa Ramadhan. (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketika sebagian ummat Islam sepeninggal Rasulullah ﷺ tidak mau membayar zakat, salah satu rukun Islam, mereka dihukumi oleh para sahabat yang dipimpin oleh Abu Bakar sebagai golongan orang-orang murtad (keluar dari Islam) yang harus diperangi. Terjadilah harbul murtaddin.

Hudzaifah ibnul Yaman, sahabat kepercayaan Rasulullah ﷺ menyebutkan kesimpulan agar Islam kita utuh. Yaitu Islam yang ada 8 saham. Selain 5 rukun Islam di atas, beliau menyebut 3 lagi, yaitu: (1) Amar makruf, (2) Nahi mungkar, dan (3) Jihad fi sabilillah. (HR. Al-Bazzar. Shahih)

Jadi lengkap 8 saham.

Ummat Islam harus menyadari kekuatan ajaran Islam itu luar biasa sampai tidak bisa dibendung oleh Barat maupun Timur karena dijaga Allah. Bahkan diperkirakan oleh para ahli bahwa Eropa akan menjadi pengikut Islam di tahun 2050. Karena perkembangan dakwah pesat sekali di sana.

Bahkan Prof. Murad W. Hofmann, mantan duta besar Jerman di Aljazair dan Marokko yang muallaf, memperkirakan justru perkembangan Islam terpesat akan terjadi di Amerika. Tinggal bagaimana kita ummat Islam mengadopsi Islam seutuhnya dalam kehidupan nyata. Dan kita harus menjadi teladan jangan kita ikut melemahkan Islam dengan perilaku yang menyalahi ajaran Islam.

Islam pasti menang dengan kita atau generasi lain. Tapi kita berharap bisa memenuhi 8 saham itu secara utuh. Faqulisyhaduu bi-anna muslimun.

Wallahu a’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here