Isi Bulan Ramadhan, Muslim di Blackburn Bersihkan 100 Jalan

105

Muslim Obsession – Islam sangat memperhatikan kebersihan. Hal ini yang mendasari inisiatif komunitas Muslim di Blackburn untuk menjaga kebersihan lingkungan mereka.

Mereka telah melakukan pembersihan besar-besaran di lingkungan mereka, dengan mengumpulkan 250 kantong sampah dan membersihkan 100 jalan sambil berpuasa.

“Sebagai bagian dari acara Masjide Noorul Islam dan kelompok komunitas, topik ‘menjaga kebersihan lingkungan’ telah menjadi bagian dari rencana kami cukup lama,” kata presiden masjid Yusuf Seedat, dilansir Lancashire Telegraph, Kamis (22/4/2021).

“Saat roadmap keluar dari lockdown diumumkan, para sukarelawan bertemu dan merencanakan pembersihan untuk bangsal Audley dan Queens Park. Kami awalnya mengirimkan poster dan meminta orang untuk mendaftar menggunakan formulir online yang telah kami siapkan,” urainya.

Baca Juga: Muslim Berusia 101 Tahun Ini Galang Dana Lewat Tantangan Jalan Kaki Saat Puasa

Menjawab himbauan kebersihan, lebih dari 60 orang dewasa, baik pria maupun wanita, berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Penyelenggara membagi area seluas radius 0,5 km dari masjid menjadi 11 zona. Pada hari kami membagi relawan menjadi 11 kelompok (satu untuk setiap zona) yang mencakup hampir 100 jalan di daerah tersebut,” ujar Seedat.

Tim pusat tetap berada di tempat parkir masjid untuk memantau komunikasi di grup WhatsApp Pemimpin Grup dan memenuhi kebutuhan grup mereka.

Cuaca yang bagus di tengah orang-orang yang berpuasa, penduduk setempat menyingsingkan lengan baju mereka dan berkumpul untuk membersihkan lingkungan.

“Setelah 2 jam kerja tim yang luar biasa, kami tercengang melihat seberapa banyak yang berhasil dicapai oleh sukarelawan kami. Itu jumlah sampah yang luar biasa! Kami termotivasi untuk terus melakukan ini dan kami akan bekerja untuk mengatur pembersihan rutin untuk terus menginspirasi lebih banyak orang untuk memainkan peran mereka,” ucapnya.

Awal tahun ini, pemuda Muslim Lancashire dan anak-anak masjid secara sukarela membersihkan kota mereka dalam kampanye yang dipimpin oleh komunitas Muslim untuk menanamkan kebanggaan pada generasi muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here