IPB ‘Gerah’ Masuk 7 Kampus Terpapar Radikalisme

1205
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Bogor, Muslim Obsession – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebutkan tujuh kampus terpapar radikalisme, salah satunya Institut Pertanian Bogor (IPB). Karena itu, Rektor IPB, Dr Arif Satria merasa IPB dalam posisi yang dirugikan.

“Supaya bisa fair, supaya lebih enak, kalau itu berdasarkan hasil kajian, apa kriterianya apa, metodenya bagaimana, pengambilan data seperti apa. Karena stigmatisasi itu bagian dari penyederhanaan dan generalisasi terhadap masalah-masalah yang ada,” kata Arif di Bogor, Selasa (5/6/2018).

Arif terus meminta klarifikasi BNPT, karena menurutnya masyarakat ingin mengetahui alasan rasional dan objektif.

“Jangan sampai nanti semua orang ke masjid takut, mau mengaji takut, pakai kerudung takut itu dianggap radikal, ini sesuatu yang tidak kondusif, bukankah hak beragama masyarakat perlu diperluas,” katanya.

Di samping itu, Arif berharap BNPT bisa memanggil para pimpinan perguruan tinggi. Untuk bisa memberikan informasi yang lebih lengkap dan lebih utuh.

Meski demikian Arif menyebutkan, sebagai perguruan tinggi, IPB harus bisa terbuka terhadap masukan dan kritik.

Arif mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat klarifikasi dari BNPT. Tetapi secara lisan permintaan untuk klarifikasi telah disampaikan Senin malam pada momen wawancara di televisi.

Dalam kesempatan itu, Arif menyampaikan secara lisan kepada perwakilan BNPT yang hadir, bahwa IPB siap untuk bekerja sama dan kooperatif, serta terbuka dengan pihak-pihak otoritas.

“BNPT otoritas negara, IPB harus mendukung bahwa peran negara melindungi warganya,” katanya.

Arif juga menambahkan, stigmatisasi radikalisme di kampus ini bisa berdampak pada kekhawatiran orangtua dan calon-calon mahasiswa. Padahal menurutnya, kampus-kampus yang ada di Indonesia benar-benar menyediakan ajang yang bagus untuk membuat mahasiswa berkembang dan menumbuhkan potensinya.

Direktur BNPT Brigjen Pol Hamli, sebelumnya menguak data terbaru bahwa ada tujuh PTN ternama yang terpapar ideologi radikal. Selain IPB, BNPT membeberkan Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) sudah disusupi paham radikal. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here