Inspiratif! Tengku Abdul Rani, Montir Sepeda yang Cetak 5.200 Hafizh Al-Quran

216

Muslim Obsession – Siapa sangka, seorang tukang reparasi atau montir sepeda Tengku Abdul Rahman di Aceh Timur, berhasil menelurkan ribuan penghafal Al-Quran yang juga menjuarai berbagai perlombaan.

Di balik profesi hariannya sebagai tukang reparasi sepeda, Tengku Abdul Rahman rupanya menyimpan cerita lain. Warga desa pulau kecamatan Nurussalam ini juga seorang guru Hafizh dan Pimpinan Pondok Pesantren di Desa Pulo U, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur.

Kecintaannya pada Al-Quran membuat ia membangun Balai pengajian Hafizh Qari’ di pekarangan rumahnya yang diberi nama Nurul Ilmi atau cahaya ilmu sejak 1999 lalu.

Menakjubkan, dalam kurun waktu 22 tahun pria yang akrab disapa Tengku Ni itu sudah menelurkan 5200 penghafal Al-Quran.

“Bengkel sepeda ini mudah-mudahan (bisa) cari duit untuk anak-anak untuk perlombaan bantuan untuk anak-anak,” ungkap Tengku Ni, saat diwawancarai salah satu stasiun televisi swasta, dikutip Ahad (7/2/2021).

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Berjasa Lahirkan Generasi Penghafal Al-Quran

Meskipun telah berusia 67 tahun, tetapi Tengku Ni masih aktif mendidik para penghafal Al-Quran yang berasal dari berbagai kecamatan, seperti Darul Aman, Nurussalam, Nurul Falah, Julok dan Indra Makmu.

Dilansir waspada.id., sejak mendirikan Balai Pengajian (BP) Nurul Ilmi di dalam pekarangan rumah miliknya, ia berhasil mencetak Hafizh Al-Quran yang berprestasi.

Bahkan mereka sudah pernah tampil menjuarai even Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) mulai MTQ Tingkat Kecamatan Nurussalam, MTQ Tingkat Kabupaten Aceh Timur hingga MTQ Tingkat Provinsi Aceh.

Tidak hanya itu, bahkan salah seorang Hafizh didikannya mampu menjuarai MTQ XXXIV Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2019 di Pidie dan menjadi perwakilan Aceh ke MTQ Nasional Tahun 2020 di Sumatera Barat.

Dedikasi Tengku Ni patut diapresiasi dari jasanya sebagai tukang reparasi mampu mencetak santri berprestasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here