Inspiratif! Pelajar Muslim di India Ciptakan Mobil Terbang dan Sepeda Elektronik

102

Muslim Obsession – Baru-baru ini seorang anak laki-laki Muslim di India membuat inovasi teknologi yang begitu inspiratif.

Dia adalah Mohammad Faizan, seorang siswa tech-savvy kelas 8 dari Aurangabad di Maharashtra. Faizan menghebohkan media sosial setelah mengubah sepeda dayung biasa menjadi sepeda listrik (e-bike).

Sepeda ciptaannya ini dilengkapi dengan beberapa fitur, antara lain self-starter switch, accelerator, clutch, rest, dan part lainnya.

Melalui video yang diunggah di Youtube, diketahui sepeda listrik ini dilengkapi dengan motor listrik, dimana Faizan menghubungkan sepeda motor dengan baterai isi ulang yang membutuhkan waktu dua jam untuk terisi penuh.

E-bike dapat menempuh jarak sekitar 50 kilometer per charge dimana terdapat indikator digital yang menampilkan sisa level baterai.

Faizan mengklaim bahwa motor inovatif ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 30 kilometer per jam yang bisa kita lihat di speedo-meter yang tersedia.

Inovasi teknologi yang diciptakan Faizan tidak diragukan lagi telah mengesankan banyak orang dan mematahkan stereotip negatif baru-baru ini tentang 14% komunitas minoritas Muslim di India.

Sementara itu, dilansir The Islamic Information, Jumat (10/12/2021) pemuda lain dari Uttar Pradesh, bernama Muhammad Furkan Shoaib, seorang insinyur penerbangan yang berhasil mewujudkan impian jutaan orang India mengendarai mobil terbang di angkasa.

Furkan dan beberapa orang lainnya dalam timnya telah mengerjakan proyek mobil terbang hibrida pertama di India.

Perusahaan yang membawahi produksi mobil tersebut, VINATA Aeromobility, baru-baru ini mempresentasikan prototipe mobil terbang pertama di Asia itu kepada Menteri Perhubungan Udara Persatuan, Jyotiraditya Scindia, di London Helitech Exposition pada 5 Oktober 2021.

Mobil yang akan diproduksi pada tahun 2023 ini mendapat banyak perhatian, dengan banyaknya saluran berita India yang menyiarkan peluncuran mobil ini. Mereka memuji inovasi ini sebagai proyek “Make In India” tetapi sayangnya tidak menyebutkan kontribusi Furkan.

Berbeda dengan situs AS bernama “Future Flight” yang juga meliput inovasi ini, sangat mengapresiasi kontribusi luar biasa Muhammad Furkan di bidang penerbangan.

Tak bisa dipungkiri, inovasi Muhammad Furkan telah membuat bangga seluruh rakyat India. Inovasi ini tentunya juga akan menjadi inspirasi bagi anak muda khususnya pemuda muslim yang juga ingin menghasilkan karya-karya luar biasa seperti itu di masa depan. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here