Inspiratif! Dokter Muslim Amerika Buka Klinik Gratis untuk Orang Miskin 

753
Dokter Muslim buka Klinik Gratis di Toledo (Foto: MVslim)

Toledo, Muslim Obsession – Tahukah Anda, bahwa di negara maju seperti Amerika, banyak warganya yang tidak memiliki asuransi kesehatan. Sehingga mereka seringkali terbentur biaya yang mahal untuk berobat.

Oleh sebab itu, sekelompok dokter Muslim di Toledo, membuka klinik baru untuk menyediakan layanan medis gratis bagi orang-orang dari semua agama, terutama bagi mereka yang miskin.

“Karena kita perlu mencari peluang untuk menolong sesama. Itulah kenapa kita memiliki gagasan untuk membuka klinik gratis ini,” kata Dr. Sulaiman Abawi, seorang dokter pengobatan darurat di Pusat Kesehatan Kabupaten Fulton.

“Kita semua merasakan keinginan untuk memberi kembali dan ingin memikirkan lebih dari diri kita sendiri dan keluarga kita,” tambahnya, seperti dilansir MVslim, Rabu (23/1/2019).

Tanpa lokasi fisik, para dokter itu pertama kali menjadi sukarelawan di tempat penampungan tunawisma. Kemudian mereka mengadakan klinik semi-reguler di Masjid Toledo.

Tak lama setelah itu, ahli endokrinologi Muslim, Dr. Mahmood Moosa menawarkan ruangan di kantornya, di mana mereka mulai membuka Klinik Halim.

Nama klinik ‘Halim’ terinspirasi oleh konsep kesabaran. Misi mereka ialah memberikan perawatan yang efektif dan berkualitas kepada pasien dengan menggambarkan karakter dan kemurahan hati Nabi Muhammad sebagai panutan.

Sementara itu, Data Penilaian Kesehatan Masyarakat Kabupaten Lucas menunjukkan 6 persen penduduk kabupaten itu tidak diasuransikan, yakni sekitar 25.000 orang.

Ini bukan pertama kalinya dokter Muslim memberikan bantuan medis gratis untuk orang Amerika yang miskin. Pada April 2018, Muslim di Northeast Philadelphia membuka klinik kesehatan gratis untuk menyediakan layanan kesehatan bagi yang membutuhkan dan miskin. Di South Carolina, Klinik Shifa telah menyediakan bantuan medis pengidap penyakit yang sudah bertahun-tahun.

Pada Januari 2012, sekelompok dokter Muslim mengajukan diri untuk membuka Rahma Health Clinic untuk menyediakan layanan medis gratis bagi penduduk miskin di kota Syracuse, New York.

Sebelumnya pada tahun 2011, sebuah klinik gratis didirikan oleh Asosiasi Dokter Keturunan Pakistan di Amerika Utara untuk menyediakan layanan perawatan gigi, mata, pediatrik dan konsultasi kesehatan pada hari Minggu di Masjid Bilal di St. Louis University, dan klinik-klinik lainnya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here