Inilah Batasan Aurat Orangtua dan Anak

21931
Ustadz Khalid Basalamah

Muslim Obsession – Ada batasan-batasan aurat antara orangtua dan anak. Ustadz Khalid Basalamah menerangkannya dalam video singkat yang diunggah di salah satu akun Youtube.

Beliau menyampaikan bahwa anak laki-laki berusia 7 tahun, auratnya tidak boleh terlihat atau dilihat oleh ibunya. Begitu pun anak perempuan berusia 7 tahun, auratnya tidak boleh dilihat oleh ayahnnya

Karena pada usia 7 tahun adalah usia yang bisa membedakan jenis kelamin. Maka dari itu, seorang ayah tidak boleh lagi memandikan anak perempuannya yang sudah berusia 7 tahun. Begitu pun seorang ibu terhadap anak laki-lakinya.

Meskipun sebagian ulama mengatakan batasan maksimal adalah usia 10 tahun. Itu artinya menurut Ustadz Khalid Basalamah pada usia belum baligh pun sudah tidak boleh.

Mahram kita, ayah, ibu, anak, hanya diperbolehkan melihat dari leher ke atas, siku ke bawah dan lutut ke bawah. Paha sampai di dada tidak boleh dilihat,” jelas Ustadz Khalid.

Dalam penjelasannya, beliau mengatakan bahwa yang boleh melihat hanya pasangan hidup kita yakni suami istri. Bahkan sampai jenazah kita pun yang boleh memandikannya adalah pasangan kita. “Orangtua tidak boleh,” tegasnya. (Vina)

5 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum ustaz, saya mahu bertanya. Bagaimana pula batasan auratnya di antara ayah dengan anak perempuannya apabila ayahnya sudah tua. Bolehkah anak perempuan memandikan ayahnya yang sudah tua kerana faktor keuzuran. Bolehkan anak perempuan melihat anak kelamin ayahnya ketika anaknya itu mahu memandikan ayahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here