Ini Tiga Alasan Mengapa Umat Islam Harus Membela Palestina dan Al-Aqsha

305
Warga Palestina

Muslim Obsession – Puluhan tahun hari-hari panjang harus mereka lalui di pusaran konflik dengan zionis Israel. Sudah tidak terhitung jumlah korban jiwa dan harta benda.

Di bulan Ramadhan ini serangan militer zionis Israel kembali menghajar rakyat sipil Palestina hingga ke tempat suci Masjid Al-Aqsha saat mereka beribadah. Demikian disampaikan Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Muhammad Fuad Nasar melalui siaran pers yang diterima Muslim Obsession, Selasa (11/5/2021).

Menurutnya, kemelut Palestina yang tidak menentu adalah masalah kemanusiaan universal. Hanya Allah yang tahu kapan berakhirnya penjajahan Israel atas tanah Palestina dan tempat-tempat suci mereka.

“Tekad bangsa Palestina yang tak tergoyahkan dalam membela tanah airnya merupakan modal perjuangan mereka yang sangat berarti. Semua itu pasti akan berlalu karena tak ada kegelapan yang abadi,” ujarnya.

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan, kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dukungan internasional atas perjuangan bangsa Palestina tak boleh kendor. Indonesia dan Palestina adalah dua sahabat. “Palestina, Bagaimana Bisa Aku Melupakanmu” demikian judul puisi sastrawan dan budayawan Taufiq Ismail.

Dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, seperti ditulis M. Zain Hassan, Lc, Lt, dalam bukunya Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri, betapa besar artinya dukungan Mufti Besar Palestina Muhammad Amin Al-Husaini atas kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945 sebelum negara-negara lain memberi dukungan dan pengakuan.

Baca Juga: Ghassan Younes, Pemberi Makan Kucing di Masjid Al-Aqsha Meninggal karena Covid-19

Sikap bangsa Indonesia dari awal mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina terhadap agresi  Zionis Israel. Presiden Pertama RI Soekarno tahun 1962 menyatakan, “Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menentang penjajahan Israel.”

Konflik Palestina yang berkepanjangan diharapkan membawa hikmah agar negara-negara Arab bersatu. Salah satu penyebab utama kenapa konflik antara Arab Palestina dan Israel tak pernah selesai, adalah karena negara-negara Arab tidak bersatu.

Menurut dia, ada tiga alasan mengapa umat Islam harus membela Palestina dan Masjidil Aqsha. Pertama, Masjidil Aqsha merupakan kiblat pertama umat Islam dalam melaksanakan ibadah shalat sebelum pemindahan kiblat ke Masjid Haram di kota suci Mekkah berdasarkan wahyu Allah.

Kedua, Masjidil Aqsha merupakan masjid kedua yang dibangun pertama-tama di muka bumi. Dan terakhir, Masjidil Aqsha merupakan masjid suci ketiga umat Islam yang penting untuk dikunjungi setelah Masjidil Haram dan Nabawi.

“Mari kita doakan bersama umat Islam Palestina untuk melepaskan diri dari penjajahan zionis Israel di penghujung bulan suci Ramadan. Mengutip ucapan Ketua MPR/DPR RI periode 1987-1992, M. Kharis Suhud “Kekuasaan di dunia betapa pun besarnya akan runtuh melawan doa orang banyak,” pungkasnya.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here