Ini Syarat Mendapat Ilmu yang Sahih

328
KH. Reza Ahmad Zahid.
KH. Reza Ahmad Zahid.

Depok, Muslim Obsession – Penomena menjamurnya ustadz yang populer di internet, khususnya situs berbagi video Youtube harus diperhatikan dengan baik.

Terlebih banyak orang yang menjadikan sumber-sumber di Youtube sebagai guru mereka.

Sebab dalam tradisi keilmuan pesantren, sanad atau ketersambungan ilmu yang didapat seseorang dari gurunya sangatlah penting.

KH. Reza Ahmad Zahid mengingatkan, sanad menjadi penting karena menyangkut keabsahan ilmu yang didapat. Sanad dengan guru yang dapat dipercaya juga diyakini dapat memberi pertolongan kepada muridnya di akhirat kelak.

“Mencari ilmu itu harus ada guru. Jangan sampai ketika ditanya gurunya siapa, jawabnya Google,” katanya, Ahad (16/6/2019).

Menurut Gus Reza, syarat mendapat ilmu yang sahih itu ada tiga. Pertama, gurunya jelas, dalam arti orang yang mengajarkan ilmu itu memiliki pemahaman yang baik dan sanad yang juga jelas.

Kedua, kitab yang dipelajari harus sahih, dikarang oleh orang yang jelas memiliki keilmuan yang mendalam dan, ketiga, orang yang mencari ilmu itu memiliki akal yang cerdas.

“Guru yang pernah kita berguru kepadanya. Muallif meski kita belajar satu huruf, maka mualif di akhirat nanti akan memanggil kita,” jelasnya.

Di akhirat nanti, kata Gus Reza, orang akan ditanya oleh malaikat siapa yang telah mengajarinya ilmu. Jika orang yang ditanya menjawab dengan jelas nama guru yang memberinya ilmu, guru tersebut akan memberinya syafaat.

“Orang yang banyak belajarnya dari Google, lama masuk surganya, karena ketika ditanya satu-satu oleh malaikat tidak ada yang mengaku, tidak ada yang namanya Google,” kelakar Gus Reza.  (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here