Ini Rentang Waktu Puasa di Dunia

727
Waktu Berpuasa (Foto: Tanda Pagar)

Jakarta, Muslim Obsession – Ramadhan setiap tahunnya menjadi salah satu bulan yang dinantikan. Selama satu bulan penuh, umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa untuk introspeksi secara spiritual dan bertakwa kepada Allah Swt.

Sejak fajar menyingsing hingga matahari terbenam, umat Islam menahan lapar dan dahaga. Umumnya di Indonesia, umat muslim menjalankan puasa selama 13-14 jam per hari. Di negara-negara subtropis, jika Ramadhan jatuh pada bulan-bulan musim panas, mereka harus berpuasa dengan durasi yang lebih lama. Ini dikarenakan hari akan lebih panjang sebab matahari akan lebih lama tampak di langit.

Rentang waktu puasa setiap negara di belahan dunia pasti berbeda-beda. Hal itu dikarenakan adanya kemiringan sumbu rotasi bumi dalam mengitari matahari. Oleh sebabnya sejumlah negara di belahan bumi utara, khususnya negara yang memiliki musim dingin pada bulan-bulan tertentu akan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan. Begitu juga sebaliknya.

Tidaklah mengherankan jika rentang waktu berpuasa di setiap negara berbeda mengingat waktu sahur dan berbuka yang sangat bergantung dengan terbit atau terbenamnya matahari. Di negara-negara Eropa dan Amerika bagian utara, kini sedang berlangsung musim semi, maka dari itu masyarakat muslim Amerika Serikat dan Kanada berpuasa sekitar 16-19 jam, hal itu tergantung letak posisi garis lintang.

Sementara di Belanda, Belgia, dan Jerman akan menjalankan ibadah puasa selama 18 jam, dan di Spanyol akan berpuasa selama 17 jam, sedangkan di Denmark akan berpuasa selama 19 jam di tahun ini, turun 3 jam dari durasi tahun 2017 lalu, yaitu 21 jam.

Adapun waktu puasa terlama tahun ini dipegang oleh negara-negara Nordik seperti Swedia, Islandia, dan Norwegia dengan panjang durasi selama 20-21 jam. Penduduk muslim di negara yang terletak di kawasan ini hanya memiliki waktu kurang lebih 4 jam untuk buka puasa, shalat tarawih dan sahur.

Akan tetapi, negara-negara Timur Tengah dengan populasi mayoritas Muslim ini akan menjalani puasa dengan durasi berkisar antara 16-13 jam. Di Kuwait, Irak, Arab Saudi, dan Yordania, masyarakatnya berpuasa selama 15 jam per hari. Sementara di Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya, mereka akan berpuasa selama 16 jam. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here