Ini Manfaat Minum Air Putih yang Sering Diremehkan Banyak Orang

218
Ilustrasi. Foto net.

Jakarta, Muslim ObsessionMembiasakan minum air putih bagi sebagaian orang menjadi kegiatan yang banyak disepelekan. Meminum air putih tidak dijadikan kegiatan rutin, hanya seperlunya saja.

Banyak orang-orang yang lebih suka mengonsumsi minuman seperti soft drink yang tergolong tinggi gula, kalori atau bahkan minuman lain yang tinggi kafein, dibanding air putih.

Dikutip dari alodokter, Kamis (31/10/2019), manfaat minum air putih ternyata sangat banyak. Di antaranya adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.

Pentingnya air putih merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih juga dinikmati oleh beragam fungsi tubuh, antara lain:

Pertama, menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Kedua, membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.

Ketiga, membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.

Keempat, menjaga kesegaran kulit sehingga kulit tidak terlihat kering dan berkerut.

Kelima, melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.

Keenam, membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

Dan yang tidak kalah penting, perlu diperhatikan beberapa kondisi dan aktivitas khusus yang membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak asupan air dibandingkan minuman lainnya, antara lain saat seseorang berolahraga atau aktif secara fisik. Ketika mengalami demam, diare, atau muntah-muntah.

Konsumsilah air putih lebih banyak saat cuaca sangat panas. Juga untuk ibu hamil dan menyusui. Bagi wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,4 liter sehari, sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Mari biasakan mengonsumsi air putih untuk kesehatan tubuh kita, keluarga dan anak-anak kita. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here