Ini Makanan yang Perlu Dikonsumsi Bumil Menurut Ulama

835
Ibu Hamil (Foto: Netralnews.com)

Muslim Obsession – Ibu hamil atau bumil tentu memerlukan makanan yang baik dan bergizi untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan janin.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang disebutkan oleh ulama untuk dikonsumsi bumil, seperti dilansir Islami.co apa sajakah itu?

Bagi seorang istri, apabila ia sedang hamil hendaknya memperbanyak memakan kacang luban. Hal ini disebutkan dalam kitab Qurratul Uyun, dengan menyebut sebuah hadist Nabi Saw. yang artinya sebagai berikut:

“Wahai wanita-wanita yang sedang hamil, berilah putera-puteri kalian dengan kacang luban, karena hal itu bisa menambah baik pertumbuhan anak(kecerdasan) dan bisa menghilangkan lendir (lemak), bisa menjadikan kuat daya hafalannya, dan bisa menghilangkan sifat pelupa”. (Al-Hadits)

Juga dianjurkan memakan buah jambu, karena ada keterangan yang diriwayatkan oleh Yahya bin Yahya dari Khalid bin Ma’dan, ia berkata:

“Makanlah kalian buah jambu, karena dengan memakannya bisa menyebabkan tampan atau cantiknya seorang anak (yang ada dalam kandungan).”

 

Baca Juga:

Ternyata, Begini Tes Kehamilan ala Mesir Kuno

Ruthab, Kurma Istimewa untuk Anda yang Ingin Punya Momongan

Juga ada sebuah keterangan yang lain, bahwa sekelompok orang mengadu kepada Nabi tentang buruk rupa fisik putra-putri dari mereka.

Maka Allah Swt. memberikan wahyu kepada nabi tersebut, yaitu dengan perintah supaya memberi makan buah jambu kepada istri-istri mereka yang sedang hamil pada usia kehamilan mencapai tiga bulan dan empat bulan.

Selain makanan yang dianjurkan saat hamil, juga perlu diperhatikan makanan yang harus dihindari saat istri sedang hamil, yaitu memakan makanan yang tidak berkualitas dan makanan yang banyak mengandung zat-zat kimia berupa zat adiktif dan pengawet.

Walaupun begitu, orang yang hamil juga perlu konsultasi kepada dokter terkait makanan-makanan yang seharusnya dikonsumsi dan makanan yang harus dihindari, mengingat, zaman sekarang berbeda dengan zaman kitab Qurratul Uyun ini ditulis.

Wallahu A’lam bish Sahwab…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here