Ini Makanan yang Direkomendasikan Ahli Gizi Saat Sahur  

243
Makan Sahur (Foto: Hellosehat)

Jakarta, Muslim Obsession – Selama bulan puasa, menu sahur ternyata perlu mendapat perhatian khusus agar tubuh mendapat asupan gizi yang cukup sehingga tak cepat lapar dan tubuh berenergi seharian.

Seorang ahli gizi, James Heagney mengatakan, selama bulan puasa sangat penting mengatur pola makan dan menghindari jenis makanan tertentu yang membuat tubuh menjadi tidak berenergi.

“Sahur memerlukan makanan utuh yang menyediakan cukup energi untuk sepanjang waktu puasa. Karenanya penting memastikan makanan yang dikonsumsi membuat Anda tetap segar meski sedang berpuasa, jadi pilih jenis makanan yang tepat saat sahur,” ujar James seperti diansir dari Khaleej Times, Kamis (17/05/2018).

Dikatakan James, beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat sahur adalah makanan tinggi protein, seperti telur, karena rasanya enak dan mudah dikreasikan menjadi beberapa hidangan, selain itu makanan tinggi serat juga penting untuk dikonsumsi saat sahur, seperti buah, sayur dan oatmeal.

“Pilih yang mengandung jenis serat larut agar mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Serat larut juga bantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah,” ungkapnya.

Dia juga merekomendasikan asupan kalsium dan makanan kaya vitamin saat sahur. Olahan susu seperti smoothies atau yogurt bisa dijadikan pilihan.

“Sebaliknya, hindari makanan mengandung karbohidrat olahan saat sahur karena hanya akan membuat kenyang sekitar 3-4 jam saja. Jenis makanannya termasuk roti, nasi putih, pastry, donat dan croissant,” jelasnya.

Tidak hanya itu, James juga menyarankan agar hindari makanan asin seperti gorengan atau keripik juga tak bagus dikonsumsi saat sahur karena menyebabkan ketidakseimbangan kadar sodium dalam tubuh. Hasilnya, tubuh akan lebih cepat haus.

Penggemar kopi sebaiknya meninggalkan minuman favoritnya saat sahur, kata dia, karena kafein bisa menyebabkan insomnia dan sulit tidur. Kopi juga tidak membuat rasa haus di tubuh hilang, malah membuat tubuh menginginkan air sepanjang hari. Sambung James, puasa selama Ramadhan bagus untuk kesehatan seseorang, tetapi hanya jika dilakukan dengan tepat.

“Jika tidak, maka kerugiannya lebih banyak dibanding keuntungannya. Sangat penting memiliki kontrol diri ketika melihat hamparan makanan enak di depan mata,” pungkasnya. (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here