Ini Kebiasaan Unik Warga Maroko Saat Ramadhan 

970
Keseruan Ramadhan di Maroko (Foto: Morocco World News)

Rabat, Muslim Obsession – Ramadhan adalah bulan terfavorit bagi umat Islam di seluruh dunia. Ramadhan di Maroko, tahun ini bertepatan dengan bulan terakhir musim semi. Selain aspek spiritual dari puasa dan manfaat kesehatannya, Ramadhan membawa suasana yang luar biasa di negara tersebut.

Dikutip dari Morocco World News, Kamis (31/5/2018) orang-orang Maroko akan terlibat dalam beberapa kegiatan khusus selama tiga puluh hari bulan suci. Mereka juga punya beberapa kebiasaan unik saat Ramadhan:

Berbuka Puasa di Pantai

Duduk mengelilingi meja dengan teman-teman di pantai, sambil melihat matahari terbenam perlahan adalah salah satu cara terbaik untuk berbuka puasa menurut warga Maroko. Selain itu, mereka akan berenang di air hangat. Hal ini akan membuat mereka merasa hidup dan segar setelah berjam-jam berpuasa.

Family Ghatering

Tur keliling kota dengan teman-teman, bersantai dan tertawa, merupakan cara lain warga Maroko untuk menghabiskan waktu. Selain itu, Ramadhan adalah bulan istimewa untuk Family Ghatering (pertemuan keluarga). Merupakan peluang besar untuk melihat semua anggota keluarga besar berkumpul di satu rumah, berbicara, tertawa, dan membawa kembali kenangan masa kanak-kanak.

Menit-menit Setelah Adzan Maghrib

Semua kegiatan di Maroko berhenti selama beberapa menit setelah adzan Maghrib berkumandang. Jalan-jalan akan tampak lengang. Namun tidak menunggu waktu berjam-jam, orang-orang akan berhamburan keluar memenuhi jalanan hingga sesak. Kemudian mereka akan memadati kafe-kafe, sampai-sampai hampir mustahil untuk menemukan kursi di beberapa kafe.

Sikap Perokok Selama Ramadhan

Berbeda dengan aspek perayaan Ramadhan, bulan suci juga membawa perilaku negatif pada sebagian orang. Saat berpuasa, beberapa orang di Maroko menjadi mudah tersinggung dan cenderung terlibat perkelahian, terutama bagi para perokok.

Bagi orang yang merokok, Ramadhan bukanlah kegiatan yang mudah karena mereka menghabiskan sepanjang hari menunggu Adzan. Barulah saat matahari terbenam, mereka dapat kembali menghisap rokok.

Turnamen Sepak Bola

Turnamen sepak bola adalah olah raga paling umum di Maroko, sambil menunggu waktu berbuka puasa. Hampir semua kota di Maroko dari utara ke selatan, timur ke barat, menyelenggarakan turnamen di mana beberapa tim lokal atau tim dari luar daerah akan bertanding.

Fitness

Fitness adalah olahraga paling umum kedua yang dilakukan orang Maroko selama Ramadhan. Banyak orang Maroko yang semakin tertarik untuk membangun bentuk tubuh yang lebih baik. Selama Ramadhan, beberapa orang lebih suka berolahraga sebelum berbuka puasa sementara yang lain melakukannya setelah berbuka. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here