Ini Keberkahan Hewan Qurban Kambing Menurut Para Ulama

167

Muslim Obsession – Beberapa hari lagi umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau hari raya qurban.

Pada Idul Adha, umat muslim yang mampu diperintahkan untuk berqurban, sebagai bukti ketaatan seorang hamba kepada Allah Swt.

Ibadah qurban merupakan salah satu ibadah sunnah muakad bagi umat muslim. Yang mana dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah di tahun hijriyah.

Qurban berasal dari bahasa Arab yakni quroba, artinya dekat. Sehingga yang dimaksudkan adalah melalui berqurban dapat mendekatkan kita kepada Allah Swt. sebagaimana firman Allah berikut ini:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah),” (QS. Al-Hajj [22]:34).

Sedangkan hewan qurban yang disyariatkan terdapat tiga jenis: unta, sapi (atau kerbau), dan domba (atau kambing gibas).

Daging hewan qurban ternyata memiliki keberkahan. Daging kambing misalnya, ternyata memilik keberkahan, artinya banyak kebaikan pada daging kambing ini. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

اتخذوا الغنم فإن فيها بركة

”Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing karena di dalamnya terdapat barakah.” (HR. Ahmad, dishahihkan oleh syaikh Al-Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah 2/417).

Selain daging kambing, ternyata keberkahan juga ada pada susu dan kulit kambing. Susunya bisa diminum serta kulitnya bisa dijadikan bahan kain atau pakaian.

Ahli tafsir Al-Qurthubi rahimahullah menjelaskan:

وجعل البركة في الغنم لما فيها من اللباس والطعام والشراب وكثرة الأولاد، فإنها تلد في العام ثلاث مرات إلى ما يتبعها من السكينة، وتحمل صاحبها عليه من خفض الجناح ولين الجانب

“Allah telah menjadikan berkah pada kambing di mana kambing bisa dimanfaatkan untuk pakaian, makanan, minuman, banyaknya anak, karena kambing beranak tiga kali dalam setahun, sehingga memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Kambing juga membuat pemiliknya rendah hati dan lembut terhadap orang lain.”

Bahkan diriwayatkan setiap Nabi pernah menggembalakan kambing, ulama menjelaskan hikmahnya adalah karena menggembalakan kambing membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang akan membentuk karakter kebaikan pada seseorang. Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

ما بعث اللهُ نبيًّا إلا رعى الغنمَ . فقال أصحابُه : وأنت ؟ فقال : نعم ، كنتُ أرعاها على قراريطَ لأهلِ مكةَ

“Tidaklah seorang Nabi diutus melainkan ia menggembala kambing.” para sahabat bertanya, “Apakah engkau juga?”. Beliau menjawab, “Iya, dahulu aku menggembala kambing penduduk Makkah dengan upah beberapa qirath.” (HR. Al Bukhari, no. 2262). (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here