Ini Asal Usul Lebaran Betawi!

1122
Lebaran Betawi (Foto: Poskota)

Jakarta, Muslim Obsession – Lebaran Betawi adalah salah satu acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antara warga Jakarta setelah lebaran Idul Fitri.

Lebaran Betawi 2019 berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 19-21 Juli 2019. Lima wilayah administrasi di Jakarta memamerkan kekhasan setiap daerahnya.

Lebaran Betawi tahun 2013 diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Acara ini di selenggarakan di Lapangan Monas.

“Kita ingin Lebaran Betawi ini menjadi ajang silaturahmi, sebagaimana niat awal ketika dimulai. Tradisi itu bukan hanya dilestarikan, tapi dikembangkan. Lebaran Betawi ini salah satu pengembangan tradisi Betawi. Kini sudah memasuki tahun yang ke-12, sejak mulai diselenggarakan tahun 2008,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui Instagram, Senin (22/7/2019).

Bagi Anies, lebaran Betawi menjadi ajang silaturahmi masyarakat Jakarta. Bukan hanya masyarakat Betawi, tetapi seluruh masyarakat ibu kota pun antusias menghadirinya. Hadirnya Lebaran Betawi diharapkan dapat menjaga tradisi dan membumikan kembali budaya Betawi seusai Perayaan Idul Fitri.

“Kami mengapresiasi kerja sama Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi) dalam penyelenggaraan Lebaran Betawi ke-12. Pemprov DKI Jakarta akan terus mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Bamus Betawi dalam menjaga silaturahmi dan persatuan warga Betawi dengan warga DKI Jakarta. Kami berharap Bamus Betawi dapat berkembang dan mengembangkan masyakarat Betawi serta kebudayaan Betawi di kota Jakarta,” ujarnya.

Amarullah Asbah, sosok yang menggagas Lebaran Betawi merupakan Wakil Ketua Umum Bamus Betawi pada 2008.

Lebaran Betawi I berlangsung di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada 18 Oktober 2008 lalu masa Gubernur Fauzi Bowo. Hari pertama penyelenggaraan, ribuan orang Betawi dari berbagai daerah memadati Lapangan Banteng.

Lebaran Betawi ke II tahun 2009 di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, Lebaran Betawi ke III tahun 2010 di Sentra Primer Puri Indah Jakarta Barat, Lebaran Betawi ke IV tahun 2011 di lapangan BPLIP Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Lebaran Betawi ke V tahun 2012 di Jalan Perintis Kemerdekaan RT 005/004 Kelapa Gading Jakarta Utara, Lalu Lebaran Betawi ke VI tahun 2013 di lapangan Monas, Jakarta Pusat.

(Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here