Ini Alasan Gus Baha Tidak Pernah Marah Terhadap Istrinya

150
Gus Baha. (Foto: Ponpes Almunawwir)

Jakarta, Muslim Obsession – Dalam berkeluarga apa yang dialami KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha juga hampir sama dengan masyarakat pada umumnya. Kadangkala, ia bersama istrinya juga mengalami ketidaksepahaman..

Namun herannya Gus Baha tidak pernah marah terhadap istrinya. Bahkan pernah pada suatu hari Gus Baha ditanya istrinya, karena ia tidak pernah menegur atau memarahi istrinya. “Gus? kenapa sih, njenengan kok tidak pernah memarahiku?” Kata Gus Baha.

Namun jawaban Gus Baha sungguh diluar dugaan. Yaitu ia tak pernah menegur karena bersyukur istrinya telah bertakwa kepada Allah.

“Bagaimana aku harus memarahimu, sedangkan kamu masih menyempatkan diri bersujud kepada Allah SWT. Melihat kamu sujud kepada Allah SWT saja aku sudah bersyukur dan merasa tidak pantas untuk memarahimu,” jawab Gus Baha kepada istrinya dalam sebuah kajiannya.

Gus Baha juga mengatakan, sejak kali pertama menikah belum pernah bertengkar dengan istrinya. Sampai istrinya pernah berkata, “Gus, saya itu kalau marah, mbok yo dilawan gitu!”

Kemudian, Gus Baha menjawabnya. “Allah itu Maha Baik kepada saya. Kalau kamu marah, saya marah, saya tidak dapat pahala. Maka, jika kamu marah, itulah cara Allah memberikan pahala kepada saya dengan cara cuma-cuma,” jawab Gus Baha. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here