Ini Akibatnya Jika Tinggalkan Shalat Jumat

463
Shalat Jumat (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Shalat Jumat merupakan aktivitas ibadah wajib yang dilaksanakan secara berjama’ah bagi laki-laki muslim setiap hari Jumat yang menggantikan shalat Dzuhur. Shalat Jumat adalah shalat yang diwajibkan pada waktu hari Jumat dan bukanlah salat Dzuhur sebagaimana dipahami oleh sebagian manusia.

Tidak diperbolehkan bagi seorang muslim mukallaf meninggalkan shalat Jumat tanpa adanya uzur syar’i. Tapi ternyata tak sedikit orang yang masih meninggalkan shalat Jumat, sampai seringkali meninggalkannya. Padahal shalat ini hanya dilakukan seminggu sekali, tapi masih banyak orang yang tak mengerjakannya karena banyak alasan.

Perlu diketahui, shalat ini adalah kewajiban yang tidak perlu lagi diragukan. Dalil pendukungnya pun dari Al-Quran, As Sunnah dan kesepakatan para ulama. Maka sudah barang tentu yang meninggalkannya akan menuai petaka yang menimpa jasad dan lebih parah lagi akan merusak hatinya.

Kewajiban shalat Jumat ditunjukkan dalam Al-Quran surat Al-Jum’ah, yang artinya “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah.” (QS. Al Jum’ah: 9).

Shalat Jumat adalah shalat yang wajib bagi orang yang tidak memiliki uzur. Barangsiapa meninggalkannya, ia terjerumus dalam dosa besar dan barangsiapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali karena meremehkannya, hatinya akan tertutupi. Dan ia termasuk orang-orang yang lalai.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dalam kitab shahihnya dari Abu Hurairah dan Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, keduanya mendengar Nabi Saw. berkata ketika beliau memegang tongkat di mimbarnya,

“Hendaklah orang yang suka meninggalkan shalat Jumat menghentikan perbuatannya. Atau jika tidak, Allah akan menutup hati-hati mereka, kemudian mereka benar-benar akan tergolong ke dalam orang-orang yang lalai.” (HR. Muslim no. 865). (Bal)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here