Ini Adab Bertamu dalam Islam

2660
Mengetuk Pintu (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Indahnya Islam karena Islam senantiasa menjujung tinggi kepentingan umat dalam bersosialisasi. Seperti lebah yang tidak pernah mematahkan dahan ranting yang ia hisap madunya. Begitulah umat Islam yang tidak pernah merugikan orang lain dalam setiap keperluannya. Karena itulah Islam mengatur adab-adab dalam bertamu.

Berikut ini adab bertamu yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu A’laihi wa Sallam.

1. Waktu Bertamu

Dikatakan oleh sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, “Rasulullah tidak pernah mengetuk pintu pada keluarganya pada waktu malam. Beliau biasanya datang kepada mereka pada waktu pagi atau sore.” (HR. Al-Bukhari no. 1706 dan Muslimno. 1928)

2. Meminta Ijin

Allah subhanahu wa ta’ala di dalam firman-Nya: “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu agar kamu selalu ingat.” (An-Nur: 27).

Rasulullah Saw bersabda:

“Meminta izin itu dijadikan suatu kewajiban karena untuk menjaga pandangan mata.” (HR. al-Bukhari no.5887 dan Muslim no. 2156 dari sahabat Sahl bin Sa’ad as-Sa’idi radhiyallahu ‘anhu)

Oleh karena itu, Allah subhanahu wa ta’ala melarang kaum mukminin untuk memasuki rumah orang lain tanpa seizin penghuninya. (Lihat Taisirul Karimir Rahman).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here