Ini 5 Sunnah Berkurban yang Harus Kamu Ketahui

15312

Jakarta, Muslim Obsession – Idul Adha sebentar lagi akan tiba. Hari raya satu ini selalu dinanti-nanti setiap umat muslim di seluruh penjuru dunia.

Salah satu yang dinanti tentunya adalah momen kurban atau menyembelih hewan, baik mereka yang sedang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci maupun mereka yang berada di Tanah Air.

Menurut Ustadz Syamsuri Halim, dalam melaksanakan penyembelihan hewan kurban, memang tidak bisa sembarangan. Agama Islam memberikan beberapa tuntunan, di antara sunnah berkurban yaitu:

“Pertama, pilihlah hewan yang sehat dan gemuk. Dalam mencari hewan kurban, bukan hanya yang telah memenuhi syarat saja namun disunnahkan yang banyak dagingnya. Awas, jangan pilih hewan yang cacat, misal tanduknya patah, atau giginya tanggal. Harus yang sehat dan tidak cacat walau sedikit,” kata Ustadz Syamsuri, pada sebuah pengajian di Jakarta, belum lama ini.

Ustadz Syamsuri melanjutkan, sunah yang kedua adalah waktu penyembelihan hewan kurban harus disembelih setelah shalat Idul Adha atau hari tasyrik.

“Jika disembelih sebelum sholat Idul Adha menjadi batal dan tidak dianggap kurban yang disunnahkan pada bulan Dzulhijjah. Waktu penyembelihan disunnahkan untuk dilakukan pada siang hari agar terlihat jelas dua urat yang harus putus saat proses penyembelihannya,” paparnya.

Dan yang ketiga soal penyembelih kurban sebaiknya seorang muslim sebab penyembelihan adalah ibadah maka syarat ibadah adalah Islam.

“Dan yang keempat, alat menyembelih hewan harus menggunakan alat yang tajam, tidak boleh yang tumpul. Karena itu sama saja kita menyisa mereka. Ini penting supaya hewan sembelihan tidak kesakitan terlalu lama,” terangnya.

Kelima saat menyembelih hewan kurba harus menghadap kiblat. Saat menyembelih disunnahkan hewan sembelihan dihadapkan ke arah kiblat dan penyembelih juga dianjurkan menghadap kiblat.

“Disarankan bagi yang berkurban juga ikut melihat saat pemotongan hewan kurban, dan sebelum dipotong sambil kita berdoa dalam hati, “Ya Allah, hewan ini merupakan pemberian-Mu, dan dikembalikan lagi pada-Mu, maka terimalah kurban ini dariku,” pungkasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here