Ini 5 Alasan Kenapa Kurma Sangat Cocok Ketika Dimakan Saat Berbuka Puasa

512

Jakarta, Muslim Obsession – Menyambut bulan suci Puasa Ramadhan rasanya tidak lengkap kalau tidak ada makanan khas Timur Tengah, kurma.

Buah kecil yang rasanya manis ini menjadi makanan yang cocok untuk mengawali buka puasa. Bahkan Nabi Muhammad Saw juga selalu mengawali buka puasanya dengan memakan kurma.

Tak hanya sebagai ciri khas bulan Ramadhan semata, ternyata kurma memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah kurma mengandung vitamin, zat besi, hingga kalsium yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa.

Mengutip Journal Natural Society, ternyata memakan kurma mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Terlebih saat bulan puasa. Simak lima alasannya:

1. Mengurangi rasa haus selama beraktivitas

Kurma biasanya disajikan sebagai pelengkap saat berbuka, tapi mengonsumsi kurma saat sahur juga penting, lho. Kurma yang tinggi mineral dapat mengurangi rasa haus saat beraktivitas seharian dan mengurangi risiko dehidrasi.

2. Melancarkan aliran darah

Kurma juga dapat melancarkan aliran darah dan oksigen dalam tubuh karena mengandung zat besi, vitamin A, B2, dan B12 yang tinggi. Jadi orang yang berpuasa tetap bisa beraktivitas dengan tubuh yang segar meski sedang berpuasa.

3. Meningkatkan energi

Berkurangnya asupan nutrisi selama puasa dapat menurunkan energi. Nah, solusinya adalah dengan rutin mengonsumsi kurma saat sahur dan berbuka puasa. Kandungan glukosa pada kurma akan memberikan energi tambahan untuk tubuh. Namun, bagi yang memiliki riwayat diabetes, sebaiknya tetap batasi konsumsi kurma, ya.

4. Melancarkan pencernaan

Kurma mengandung serat yang baik untuk mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan selama berpuasa.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan magnesium, mangan, dan selenium dalam kurma sangat bermanfaat untuk antibodi tubuh serta menghindarkan berbagai penyakit yang mungkin menyerang tubuh saat berpuasa. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here