Ini 10 Negara yang Memiliki Waktu Berpuasa Terpendek

809
Buka Puasa Bersama (Foto: Portal Kini)

Jakarta, Muslim Obsession – Ramadhan selalu identik dengan ibadah puasa dan perayaan saat Idul Fitri. Pada bulan ini umat Islam diwajibkan untuk puasa. Hanya saja terkait waktu, tentu saja di setiap daerah memiliki waktu puasa yang berbeda-beda.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, ada negara-negara yang memiliki waktu puasa panjang sampai 20 jam (Baca: Ini Rentang Waktu Puasa di Dunia). Tapi ada juga negara di dunia yang memiliki waktu puasa pendek, berikut adalah 10 negara dengan waktu puasa terpendek di dunia.

1. Chili

Chili, sebuah negara yang terletak di Amerika Serikat ini tercatat sebagai negara dengan waktu puasa terpendek di dunia. Umat muslim di Chili melakukan puasa sejak pukul 05.31 dan berbuka puasa pukul 15.00, kalau dihitung-hitung mereka hanya berpuasa selama kurang lebih 9 jam. Walaupun sebentar umat muslim di sana harus berpuasa di udara kering dan cuaca dingin.

2. Argentina

Populasi muslim di Argentina ini memang termasuk sedikit. Hanya sekitar 1,9% saja. Walaupun begitu suasana Ramadan tetap bisa kamu rasakan di negara ini. Penduduk Argentina yang beragama Islam di sini juga berpuasa dalam waktu yang relatif singkat hanya 9 jam 37 menit.

3. Malaysia

Malaysia, negara tetangga Indonesia ini juga memiliki waktu puasa yang pendek. Tidak jauh berbeda dengan Indonesia, Malaysia menjalankan puasa selama 12 jam. Tapi waktu imsak di sana lebih lama dibandingkan Indonesia, imsak di Malaysia biasanya dilakukan pukul 05.30, sementara waktu Maghrib sekitar pukul 19.30.

4. Afrika Selatan

Afrika Selatan juga memiliki waktu puasa yang pendek jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia. Puasa hanya dilakukan selama 10 jam 30 menit saja, tapi tentu puasa di negara ini juga banyak cobaannya. Salah satunya karena cuacanya yang sangat panas.

5. Kepulauan Komoro

Kepulauan Komoro yang terlatak di Samudera India ini adalah salah satu negara yang jumlah umat muslimnya banyak. Kepulauan Komoro ini dikenal sebagai negara yang tidak mengizinkan alkohol masuk ke dalam negaranya. Nah, di sini umat muslim harus berpuasa selama 12 jam 31 menit. Suasana saat Ramadhan di Komoro juga tidak terlalu jauh dengan di Indonesia.

6. Maroko

Negara yang terkenal akan keindahaan kota dan alamnya ini juga menjalani puasa yang masih terbilang cepat. Umat muslim Maroko berpuasa selama 14 jam dan memulai puasa sejak pukul 03.40 pagi waktu setempat.

7. Arab Saudi

Kalau dilihat secara keseluruhan umat muslim yang tinggal di Arab melakukan puasa 15 jam 10 menit. Dua kota yang puasanya paling pendek adalah di Dammam selama 15 jam 18 menit dan Riyadh selama 15 jam 8 menit.

8. Antartika

Pernah terbayang harus puasa di Antartika? Benua yang terletak di paling selatan ini memiliki waktu puasa tercepat di dunia. Umat muslim yang berpuasa di Antartika berpuasa selama kurang lebih 8 jam 18 menit. Waktu imsaknya pun lebih panjang, yakni pukul 06.30 pagi, sementara waktu berbuka puasa pukul 15.48. Walau pun berpuasa dengan waktu yang relatif singkat, namun puasa di Antartika pasti susah sekali karena harus melawan dingin.

9. Australia Barat

Benua Australia yang tidak begitu jauh dari Indonesia juga punya waktu puasa yang lebih cepat. Terutama di wilayah Australia Barat, salah satunya Perth. Di sini durasi puasa hanya sekitar 11 jam 59 menit saja. Waktu imsaknya pun lebih siang dibandingkan Indoneisa yaitu pukul 05.42, sedangkan waktu berbukanya mirip dengan Indonesia yaitu 17.41 sore.

10. Indonesia

Kita yang berpuasa di Indonesia juga harus bersyukur karena waktu puasa di sini terbilang singkat. Umat muslim hanya berpuasa selama 12-13 jam saja. Selain itu cuaca di Indonesia juga cukup bersahabat tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here