Ingin Khatam Al-Quran Saat Ramadhan? Yuk Ikuti Jadwalnya..

633
Hafal Al-Quran
Membaca dan menghafal Al-Quran. (Foto: Edwin B/Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Ramadhan disebut juga bulan Al-Quran karena saat bulan suci inilah kitab suci itu diturunkan. Karena ini pula Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan bahwa Allah Ta’ala memuji bulan Ramadhan dibandingkan bulan lainnya.

Bagi orang mencintai Al-Quran, tentu saja ia akan membaca Al-Quran setiap saat. Dan di bulan Ramadhan, ia akan lebih giat membacanya karena janji Allah Ta’ala yang melipatgandakan segala kebaikan yang dilakukan saat Ramadhan.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِى شَهْرٍ » . قُلْتُ إِنِّى أَجِدُ قُوَّةً حَتَّى قَالَ « فَاقْرَأْهُ فِى سَبْعٍ وَلاَ تَزِدْ عَلَى ذَلِكَ »

“Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu,” (HR. Bukhari No. 5054).

Kendati demikian kata Imam Nawawi mengatakan, “Kebanyakan ulama berpendapat bahwa tidak ada batasan hari dalam mengkhatamkan Al Qur’an, semuanya tergantung pada semangat dan kekuatan. Dan ini berbeda-beda satu orang dan lainnya dilihat dari kondisi dan person.” (Fathul Bari, 9: 97).

Nah, Sobat Muslim, inilah saatnya menuai pahala berlipat ganda dari Allah ‘Azza wa Jalla. Dan bagi yang ingin mengkhatamkan Al-Quran, persiapkan diri Anda serta ajak keluarga untuk sama-sama mengkhatamkamkannya.

Pada kesempatan ini Muslim Obsession ingin berbagi tips dengan mengatur jadwal membaca Al-Quran. Sobat Muslim bisa memilih, mau berapa kali khatam di bulan yang agung ini.

Seperti diketahui, umumnya 1 juz Al-Quran terdiri dari 10 lembar atau 20 halaman. Artinya, untuk menyelesaikan satu kali khataman, kita harus membaca 300 lembar atau 600 halaman.

Sangat banyak? Tentu tidak jika kita bisa mengatur jadwal membacanya. Misalnya, jika ingin sekali saja mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan (kurang lebih 30 hari), maka kita harus membaca 1 juz setiap hari.

Lalu, bagaimana jika ingin mengkhatamkan Al-Quran 2 atau 3 kali? Yuk, cek jadwal berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here