Indonesia Memiliki Landasan Kuat, MUI Minta Masyarakat Bersyukur

481
Ketum MUI Ma'ruf Amin

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan masyarakat Indonesia harus bersyukur. Pasalnya, Indonesia memiliki landasan yang kuat karena dibangun berdasarkan kesepakatan melalui Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kiai Ma’ruf pun mengimbau agar masyarakat Indonesia harus menjaganya.

“Sebagai bangsa kita bersyukur karena kita punya landasan yang kuat, NKRI ini dibangun berdasarkan kesepakatan, berdasarkan kesepakatan sesama saudara. Pancasila, UUD 1945 itu merupakan kesepakatan-kesepakatan atau mit’ah yaitu kita sebagai bangsa, karena itu negara ini adalah negara kesepakatan,” katanya di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Dia juga menjelaskan kesepakatan atau Mit’ah dalam Al-Quran benar adanya dan sudah dijelaskan melalui ayat-ayat Quran. Ia menyebut Indonesia rawan terhadap konflik, maka dari itu masyarakat harus mentaati peraturan yang ada di Pancasila dan UUD 1945 demi menjaga keutuhan NKRI.

“Apakah Mit’ah itu ada di Al-Quran? Ada. Mit’ah itu mengikat dan kita harus memenuhi janji-janji kita. Karena itu negara ini dibangun di atas landasan Mit’ah. Tapi karena negara ini majemuk dan bermacam-macam agamanya, sukunya, maka potensi konfliknya tinggi sekali, karena itu kita harus merawat negara ini salah satunya melalui penguatan dengan ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathaniyah yaitu prisnip saudara sesama Islam dan saudara sesama bangsa,” tuturnya.

Islam, kata dia, di manapun sama saja, namun Indonesia ada yang sedikit berbeda karena Indonesia ini dilandasi dengan kesepakatan di dalamnya yaitu memiliki ideologi negara Pancasila dan UUD 1945. Ini adalah keistimewaaan Islam yang ada di Indonesia, yang tak ditemui bahkan di Arab Saudi sekalipun.

“Kita beda dengan Arab Saudi, Saudi Islamnya apa saja, kita Islamnya ada kesepakatan, kesepakatan kita yaitu didasarkan melalui pembangunan negara melalui Pancasila dan UUD,” tukasnya. (Bal)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here