Indonesia Masuk Negara Paling Dermawan

511
Dermawan (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Charities Aid Foundation sebuah lembaga amal di Inggris menyebut bahwa Indonesia adalah negara yang paling dermawan di dunia. Sedangkan World Giving Index 2018 merilis bahwa Indonesia berada diperingkat teratas dengan skor 59.Disusul Australia, Selandia Baru, Amerika, dan Irlandia.

Dalam laporan tersebut sebenarnya skor Indonesia tidak mengalami peningkatan signifikan dari tahun lalu. tahun sebelumnya Indonesia mendapatkan ranking kedua dibawah Myanmar.

“Setelah krisis Rohingya mencapai puncaknya pada 2017 lalu, sulit untuk tidak menyimpulkan bahwa krisis itu berkontribusi pada menurunnya keinginan dan kemampuan warga Myanmar untuk memberi,” katanya seperti dikutip The Nation, Senin (5/11/2018).

Dalam survei itu ada tiga aspek kebaikan yang diukur, yaitu membantu orang yang tidak dikenal, memberi sumbangan, dan menjadi relawan. Adapun survei lapangannya melibatkan 150.000 responden dan dilaksanakan oleh lembaga riset Gallup.

Indonesia berada di peringkat pertama karena faktor memberi sumbangan yang tinggi, yaitu 78 poin. Selain itu, keterlibatan warga Indonesia dalam kegiatan kerelawanan juga termasuk unggul dibanding negara-negara lain.

Dalam aspek ‘kerelawanan’ Indonesia paling tinggi dengan skor 53% diikuti oleh Liberia dan Kenya. Saat ini menjadi tren di dunia bahwa membantu orang tak dikenal adalah jenis kebaikan yang paling umum dilakukan. Negara-negara di Benua Oseania dan Afrika mencatat skor tinggi dalam aspek ini, sementara Eropa memiliki skor paling rendah. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here