Indonesia Kembalikan 49 Kontainer Sampah ke Eropa dan AS

243
Limbah sampah (Foto: AFP)

Jakarta, Muslim Obsession – Indonesia akan mengembalikan puluhan kontainer berisi limbah ke Prancis dan negara-negara maju lainnya.

Pasalnya negara-negara Asia Tenggara menolak keras negaranya dijadikan tempat pembuangan sampah internasional.

Seluruh 49 kontainer itu dimuat dengan kombinasi sampah, mulai dari sampah plastik dan bahan berbahaya yang melanggar aturan impor.

“Kami sedang berkoordinasi dengan importir untuk segera memproses pengembalian sampah tersebut,” kata Sumarna, juru bicara kantor bea cukai di pulau Batam, Selasa (3/7/2019).

Dia memaparkan bahwa sampah tersebut diketahui berasal dari Amerika Serikat, Australia, Prancis, Jerman dan Hong Kong.

Bulan lalu, Jakarta mengembalikan lima kontainer limbah ke Amerika Serikat, bergabung dengan paduan suara negara-negara Asia Tenggara yang semakin tidak senang negaranya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah dari negara-negara Barat.

Keputusan China pada tahun 2018 untuk melarang impor limbah plastik asing membuat daur ulang global menjadi kacau, dampaknya negara-negara maju berjuang untuk menemukan tempat mengirim limbah mereka.

Sampah dalam jumlah besar telah dialihkan ke Asia Tenggara. Pada bulan Mei, negara tetangga Malaysia bersumpah untuk mengirim kembali ratusan ton sampah plastik. Filipina, sementara itu, mengembalikan sekitar 69 kontainer sampah ke Kanada bulan lalu, mengakhiri pertikaian diplomatik antara kedua negara.

Menurut Worldwide Fund for Nature (WWF) sekitar 300 juta ton plastik diproduksi setiap tahun, dengan sebagian besar berakhir di tempat pembuangan sampah atau mencemari laut, yang kemudian menjadi krisis internasional. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here