Indonesia Belum Tertarik Jalin Hubungan dengan Israel

333
wapres-jusuf-kalla-bersama-presiden-turki (Foto: Pepnews)

Jakarta, Muslim Obsession – Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu menyatakan keinginannya untuk meningkatkan hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Menanggapi hal itu, Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla meminta jika memang Israel menginginkan hal itu, Israel harus berdamai terlebih dahulu dengan Palestina. Menurut JK, belum waktunya Indonesia memiliki hubungan diplomatik dengan Israel karena belum ada perdamaian di sana.

“Kita yang terpenting itu dulu, perdamaian, sebelum itu diakui atau (ada) perdamaian, tidak mungkin kita buka hubungan diplomatik,” ujarnya di Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Sebelumnya, Times of Israel melaporkan PM Israel Benyamin Netanyahu menyatakan keinginannya untuk memiliki hubungan dilpomatik dengan Indonesia. Menurut Netanyahu, Indonesia sangat penting bagi negaranya. Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Ini disampaikan Netanyahu saat menghadiri acara Christian Media Summit 2018 di Yerusalem pada 14 Oktober 2018 lalu. Pernyataan Netanyahu ini menanggapi pertanyaan aktivis pro-Israel Jakarta Monique Rijkers.

Sejak kemerdekaannya, Indonesia tidak pernah memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Sikap ini dilakukan Indonesia karena negara tersebut tidak memberi kemerdekaan terhadap Palestina. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here