Indonesia Bangun Rumah Sakit di Myanmar, Dubes RI: Ini Simbol Perdamaian

206

Myanmar, Muslim Obsession – Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Duta Besar RI untuk Myanmar menyerahkan secara teknis Rumah Sakit (RS) Bantuan Indonesia di Myaung Bwe, Mrauk U, Rakhine State kepada Pemerintah Myanmar, yang diwakili oleh Wakil Direktur Jenderal, Departemen Pelayanan Kesehatan di Kantor Kementerian Kesehatan dan Olahraga Myanmar, Nay Pyi Taw, Selasa (10/12/2019).

Diakui Duta Besar RI untuk Myanmar Iza Fadri ini merupakan simbol perdamaian dan persahabatan antara Indonesia dan Myanmar.

“Technical handover RS Bantuan Indonesia di Myaung Bwe, Rakhine State mewakili kegembiraan bersama rakyat Indonesia kepada rakyat Myanmar dalam merayakan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Myanmar pada tahun ini,” kata Fadri, seperti dikutip dari Kemlu, Rabu (11/12/2019).

Fadri mengharapkan bahwa RS Bantuan Indonesia ini nantinya dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi masyarakat Rakhine State baik yang Muslim maupun Budha, serta dapat mendorong terciptanya perdamaian di wilayah konflik Rakhine State.

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan dan Olahraga Myanmar menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas donasi yang diberikan oleh pemerintah dan rakyat Indonesia, terutama kepada PMI yang telah memprakarsai proyek pembangunan ini dan MER-C sebagai eksekutor di lapangan selama 2 tahun.

Nay Pyi Taw meyakini bahwa RS Bantuan Indonesia ini akan terus diingat oleh masyarakat Rakhine State dan semakin mempererat hubungan baik antara Indonesia dan Myanmar.

“Pemerintah Myanmar akan berusaha menjaga dengan baik bangunan RS tersebut yang dinilai sangat bagus dan akan menjadikan RS tersebut sebagai RS percontohan di Rakhine State baik untuk pelayanan medis maupun kesehatan masyarakat, serta akan melengkapi RS tersebut dengan sistem informasi dan teknologi yang baik,” ujarnya.

Ia juga akan memastikan bahwa RS di Myaung Bwe memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh komunitas, baik muslim dan Buddha.

Pembangunan RS Bantuan Indonesia di Rakhine State ini adalah proyek bersama dimana Pemerintah dan masyarakat Indonesia bekerja sama dan dimana komunitas Muslim dan Buddha Indonesia bersatu untuk memberikan kontribusi kepada komunitas Rakhine State.

RS ini membawa pesan penting bahwa kedua agama yaitu Islam dan Budha dapat bekerja sama. RS ini diharapkan bukan hanya dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat di kawasan Myaung Bwe, Rakhine State, tetapi sekaligus mempromosikan perdamaian di antara komunitas Muslim dan Buddha, maupun komunitas lainnya di Myaung Bwe, Rakhine State. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here